Sun. Dec 2nd, 2018
wisata-Taman-Sari-Yogyakarta

Wisata Taman Sari Yogyakarta, Tempat Wisata Bersejarah di Kota Jogja

Wisata Taman Sari Yogyakarta – Yogyakarta sampai saat ini merupakan salah satu kota tujuan wisata yang paling banyak diminati di Indonesia, yang menampilkan wisata pantai, wisata bersejarah serta kuliner. Salah satu dari sekian banyak objek wisata di Jogja yang bersejarah adalah wisata Taman Sari.

Taman sari terletak sangat dekat dengan Keraton Ngayugyakarta Hadiningrat, hanya membutuhkan waktu 10 menit dari alun-alun utara keraton dan 15 menit dari Malioboro. Berikut adalah ulasannya:

Wisata Taman Sari Yogyakarta

Tempat ini dulunya merupakan tempat rekreasi sekaligus berfungsi sebagai benteng pertahaan keluargaan kerajaan yang dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Sekarang Istana Air Taman Sari merupakan salah satu cagar budaya di Yogyakarta.

Bangunan ini memiliki luas awal 10 hektar dan mempunyai 57 bangunan, yang terdiri dari kopleks kolam pemandian, danau buatan, lorong bawah tanah dan sebagainya. Saat ini, luas wisata Taman Sari sudah berkurang drastis karena beberapa kompleknya dijadikan pemukiman.

4 Kompleks Wisata Taman Sari Yogyakarta: 

  • Danau buatan yang terletak di sebelah barat.
  • Pemandian Umbul Binangun, terletak di sebelah selatan danau buatan.
  • Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati, terletak di sebelah selatan Umbul Binangun.
  • Bagian sebelah timur yang memanjang dari Pemandian Umbul Binangun sampai Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati, merupakan danau dengan pulau buatan serta jembatan gantung dan kanal.

Untuk menikmati tempat wisata Taman Sari Yogyakarta ini, anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 15000/orang untuk wisatawan lokal dan 25000/orang untuk wisatawan asing. Sementara biaya parkir kendaran hanya berkisar 2000-5000 saja.

Anda juga dapat menikmati indahnya kolam pemandian dengan ukuran pada dinding atau menjelajah masjid bawah tanah. Disini anda juga dapat berfoto di sekitar kolam atau di sepanjang lorong masjid bawah tanah yang pastinya lagi hitz banget di sosial media.

Dari keempat kompleks yang ada di Taman Sari Yogyakarta, hanya pemandian Umbul Binangun saja yang masih dalam keadaan utuh. Sedangkan tiga bagian kompleks lainnya sudah dijadikan perkampungan penduduk abdi dalem Keraton Yogyakarta.

Inilah seputar informasi tentang tempat wisata di Jogja tepatnya wisata Taman Sari. Untuk anda yang sedang merencanakan liburan, anda dapat membaca artikel tempat wisata lainnya. Seperti tempat wisata di jogja, tempat wisata di Bantul atau tempat wisata di Kulonprogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *