Tue. Oct 23rd, 2018
mangunan

Wisata Kebun Buah Mangunan: Negri Diatas Awan

Tempat Wisata Kebun Buah Mangunan – Yogyakarta sampai saat ini merupakan salah satu kota tujuan wisata yang paling banyak diminati di Indonesia, yang menampilkan wisata pantai, wisata bersejarah serta kuliner. Salah satunya adalah wisata di Bantul.

Kebun Buah Mangunan juga sering di sebut sebagai Negri di Atas Awan, pasalnya kaliana dapat melihat awan yang menyelimuti perkebunan ketika pagi. Tempat ini juga cocok untuk menikmati matahari terbit sambil bersantai.

Wisata Kebun Buah Mangunan

Wisata Kebun Buah Mangunan berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingono, kabupaten Bantul atau sekitar 35 km dari pusat kota Yogyakarta. Terletak di area hutan alami seluas 23,34 Ha, kebun buah ini merupakan agrowisata yang sering dikunjungi.

Dari puncak bukit wisata Kebun Buah Mangunan, anda dapat menikmati wisata alam Kota Bantul Barat dan Selatan Pantai Parangtritis. Selain itu anda juga dapat menikmati keindahan sunagi yang melintasi perbukitan dan menyerupai tempat wisata alam Tlogo Putri Kaliurang.

wisata Edukasi

 

Wisata kebun buah manggunan juga termasuk dalam wisata edukasi. Karena berupa tempat argowisata, maka pengunjung dapat memplajari berbagai macam bentuk tumbuhan dan buah mulai dari pembibitan, cara tanam, mencangkok, jenis pupuk dan lain sebagainya.

Berbagai jenis pohon buah di tanam disini, diantanya ada: Durian, Mangga, Jeruk, Sawo, Rambutan, Manggis, Duku, Jambu Air. Disamping itu juga ada jenis pohon yang jumlahnyaa tidak begitu banyak, seperti Kelengkeng, Jambu Biju, Matoa, Belimbing dan Cempedak.

Untuk menambah kesan alaminya, kebun buah mangunan juga di tanami dengan pohon Jati, King Grass dan beberapa pohon pagar hidup seperti Pinus dan Magium. Jika sedang musim panen, anda juga dapat mencoba buah-buhan ini atau membelinya secara langsung.

Memacu Adrenalin

 

Anda dapat melakukan beberapa aktifitas menyenangkan seperti memancing, berkemah, bersepeda gunung, atau bermain di jembatan gantung. Ada juga aktivitas outdor yang tersedia pada wisata kebun buah mangunan, seperti berkemah, campping, flaying fox atau jembatan goyang.

Bagi anda yang tidak menyukai aktivitas outdor, tempat wisata di Bantul ini juga menyediakan sarana gedung yang dapat menampung kurang lebih 50 orang.

Harga Tiket Masuk dan Penginapan

Harga tiket masuk kebun buah mangunan Rp.10000/orang dan tidak menyediakan tempat penginapan atau hotel. Saat ini hanya ada satu penginapan dengan tarif Rp.300.000/malam. Tenang saja, anda juga bisa mencari beberapa penginapan atau hotel di sekitar tempat wisata kebun buah mangunan.

Inilah seputar informasi Tempat wisata Kebun Buah Mangunan. Jika anda sedang berencana melakukan liburan, anda dapat membaca artikel tempat wisata lainnya. Seperti Tempat wisata di Jogja, Tempat wisata di Bantul atau tempat wisata di Wates Kulonprogo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *