Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

gumuk-pasir-parangkusumo-yogyakarta

Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo – Yogyakarta merupakan salah satu kota dengn tujuan wisata di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan manca negara. Salah satunya adalah tempat wisata Gumuk Pasir Parangkusumo yang indahnya bikin susah moveon.

Berbatasan dengan provinsi Jawa tengah bagian selatan, wisata Yogyakarta banyak memiliki tempat sangat menarik. Berikut adalah penjelasann tempat wisata Gumuk Pasir Parangkusumo.

tempat wisata gumuk pasir parangkusumo - tempat wisata di Jogja - tempat wisata di bantul - tempat wisata di kulonprogo - tempat wisata pantai Jogja

Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo berada di antara pantai Parangtritis dan pantai Depok. Proses terjadinya gurun pasir ini tidak lepas karena abu vulkanik gunung yang telah halus terbawa oleh angin. Karena proses yang secara terus menerus tersebutlah hingga terbentuk gundukan pasir.

Tempat wisata yang sering disebut padang pasirnya Yogyakarta terbentuk selama ribuan tahun. Selain di jadikan objek wisata, tempat ini juga dijadikan objek penelitian, bahkan rencananya Gumuk Pasir Parangkusumo akan di masukan dalam daftar Unesco World Heritage.

Kalian dapat menikmati indahnya suasana pemandangan alam serta keseruan dalam melakukan kegiatan foto atau surving pada area Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempat ini memiliki suhu yang cukup ekstrim, ketika siang suhu akan sangat panas dan ketika malam sangat dingin.

tempat wisata gumuk pasir parangkusumo - tempat wisata di Jogja - tempat wisata di bantul - tempat wisata di kulonprogo - tempat wisata pantai Jogja

Fasilitas Gumuk Pasir Parngkusumo

Karena letaknya yang tidak jauh dari pantai , wisata Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari toilet, tempat parkir, pos penjaga, klinik kesehatan, tempat beribadah, toko suvenir dan oleh oleh serta beberapa tempat makan dan minum.

Selain itu juga terdapat museum dan laboraturiu yang berguna untuk kegiatan ilmiah dan instrumen, serta pustaka tentang geospasial dan ilmu kebumian. Sehingga bagi yang ingin mengetahui fenomena terbentuknya gumuk pasir dapat belajr leat museum ini.

tempat wisata gumuk pasir parangkusumo - tempat wisata di Jogja - tempat wisata di bantul - tempat wisata di kulonprogo - tempat wisata pantai Jogja

Harga Tiket Gumuk Pasir Parangkusumo

Terletak di muara sungai Opai samping pantai Parangtritis atau antara pantai Parangtritis dan pantai Depok. Berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek Bantul Yogyakarta. Sementara harga tiketnya adalah Rp.3000 belum termasuk tiket parkir kendaraan.

Sedangkan untuk mencoba sandboarding harga yang dipatok adalah Rp.200.000/orang (minimal 6 orang) dengan durasi 2 jam permainan. Dengan harga tersebut sudah dilengkapi dengan pelindung sperti helm, pengaman siku dan lutut.

Inilah seputar informasi tempat wisata Gumuk Pasir Parangkusumo. Bagi anda yang sedang merencanakan liburan, anda dapat membaca seputar artikel tempat wisata lainnya. Seperti tempat wisata di Jogja, tempat wisata di Wates Kulonprogo atau tempat wisata di Bantul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *