Fri. Oct 19th, 2018
ciri kanker payudara - gejala kanker payudara - ciri wanita terkena kanker payudara

Wanita Yang Mudah Terkena Kanker Payudara, Berikut Daftar Ciri-cirinya!

Matajurnal – Data menunjukan bahwa kanker payudara merupakan penyakit mematikan no dua setelah kanker serviks. Sembilan dari sepuluh wanita bersedia untuk membuat perubahan gaya hidup untuk mengurangi risiko kanker payudara.

Sebenarnya, banyak penelitian masih diperlukan untuk memahami kanker payudara dan penyebab pasti sepenuhnya pada penyakit ini. Berikut adalah tipe wanita yang rentan terkena kanker payudara:

Gejala Wanita Yang Mudah Terkena Kanker Payudara

Kanker payudara dapat terjadi pada wanita dan jarang pada pria. Gejala kanker payudara termasuk benjolan di payudara, keluarnya cairan berdarah dari puting, dan perubahan bentuk atau tekstur puting atau payudara. Penanganan tergantung pada stadium kanker. Penanganan dapat terdiri dari kemoterapi, radiasi, dan operasi.

Pembawa Gen Keturunan

Para ahli (dokter) telah mengungkapkan bahwa garis keturunan atau pembawa gen keturunan penderita kanker payudara sangat berisiko menderita kanker. Peneliti menyebutkan jika 45% hingga 65% risiko kanker payudara berasal dari mutasi genetik.

Mereka yang memiliki nenek, ibu, bibi atau saudari perempuan penderita kanker payudara sangat beresiko juga terjangkit kanker payudara di masa depan.

Telat Hamil atau Tidak Hamil

Beberapa penelitian baru-baru ini telah menemukan fakta mengejutkan, jika wanita yang hamil pertama di usia 30 tahun memiliki resiko lebih besar terjangkit kanker payudara dibandingkan wanita yang hamil di bawah usia 30 tahun.

Hal ini disebabkan karena mutasi genetik menjadi lebih umum, dan hal ini akan terjadi seiring dengan perkembangan atau penambahan usia.

Menggunakan Pil KB

Mengkonsumsi pil KB sebenarnya memiliki beberapa manfaat untuk wanita, mulai dari menunda kehamilan hingga mengurangi resiko terkena kanker rahim dan Ovarium. Namun dibalik manfaatnya ini pil KB dapat meningkatkan resiko kanker payudara.

Sebelum mengkonsumsi atau menggunakan pil KB, ada baiknya jika kalian (para wanita) untuk berkonsultasi dengan bidan atau dokter ahlinya. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak di inginkan.

Pola Hidup Yang Tidak Sehat (berlebihan)

Seperti yang telah kita ketahui, pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai penyakit bersarang di tubuh kita salah satunya adalah kanker payudara. Ini disebabkan dari gaya hidup yang tidak sehat dan berdampak dari pada makanan yang kita konsumsi.

Seperti beberapa makanan cepat saji, daging dengan lemak tinggi, kafein, nikotin, alkohol dan beberapa lainnya. Bukannya tidak boleh, tapi wajib di hindari atau secukupnya saja.

Ini lah beberapa daftar gejala pada wanita yang mudah terkena kanker payudara. Jika anda termasuk dalam salah satu daftar gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasi kedokter dan memulai pola hidup sehat. Cintai diri anda untuk orang yang mencintai anda dengan hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *