Tue. Oct 16th, 2018

Waduh, Tol Cikampek Padat Sebelum Arus Balik!

Matajurnal – Kementerian perhubungan meminta pemudik mewaspadai jalur tol Cikampek yang sudah memasuki masa penumpukan kendaraan roda 4 pada hari Rabu (20/06) ini sebelum mencapai puncak arus balik pada sabtu-minggu (23-24/06/2018).

Kepada posko harian mudik, kemenhub Agus Saptono mengatakan itu setelah memantau beberapa ruas jalan tol di Jawa Barat hingga Jawa Timur. Ia mengamati ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, tol Jakarta-Tangerang, tol Jagorawi, tol Lingkar Jakarta, tol Purbaleunyi, tol Surabaya-Gempol, Semarang, dan tol Palikanci.

Puncak Arus Balik

Namun dari seluruh ruas jalan tol, satu-satunya ruas jalan tol yang diperkirakan akan mengalami kepadatan pada hari ini hingga cuti bersama usai adalah ruas tol Jakarta-Cikampek. Hal ini terlihat dari kecepatan kendaraan yang saat ini melaju di bawah 40 Kilometer per jam.

Dari delapan ruas jalan tol kemarin, yang terhitung sudah padat adalah tol Jakarta-Cikampek. Sementara tujuh lainnya terpantau lancar. Ujar Agus di Kementerian Perhubungan, Rabu (20/06).

Meskipun sudah mulai padat, Kemenhub memperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada H+ 7 dan H+8 idul fitri. Sehingga sebagian besar ruas jalan tol masih tetap aman dilalui. Dan mungkin juga tetap pantau jalur klasik  rawan kemacetan seperti Nagreg, Puncak, dan beberapa ruas lainnya di Jawa Tengah,” ujar dia.

Jika memang kepadatan terjadi hari ini, Kemenhub telah menyerahkan antisipasinya ke Kepolisian Republik Indonesia yaitu lewat kebijakan satu arah. Kebijakan ini juga sempat diterapkan kemarin di jalan tol Cikampek sepanjang 28 Kilometer,dari kilometer (KM) 41 sampai dengan KM 03 yang dimulai pada pukul 15.00 WIB.

“Kami prediksi mungkin kepadatan penumpang di jalur darat akan terjadi pada sabtu-minggu esok, tetapi karena ini liburan lebih panjang, jadi seharusnya masyarakat lebih bijaksana dalam pengaturan waktu kembali (arus balik)”, ujar Agus di Kemenhub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *