Wed. Oct 24th, 2018
budidaya-ikan-nila-merah

Tips Sukses Budidaya Ikan Nila Merah Terbukti Berhasil

Budidaya ikan nila merah banyak sekali peminatnya. Tidak heran karena salah satu jenis ikan air tawar ini memiliki warna dan bentuk yang menarik dengan rasa daging yang enak meskipun memiliki duri tulang seribu. Selain itu, pertumbuhan ikan nila merah pun cepat, tahan penyakit, dan mudah pemeliharaannya.

Yang paling penting, ikan nila memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga sehat dan banyak orang yang suka mengonsumsinya. Ingin membudidayakan ikan nila merah? Pelajari dulu cara budidaya ikan nila merah berikut ini supaya sukses dengan mudah.

Tips Budidaya Ikan Nila Merah Agar Menguntungkan

Budidaya Ikan Nila Merah

Pilih indukan yang berkualitas

Ciri-ciri indukan ikan nila yang berkualitas yaitu;

  • Ikan nila betina berumur 5 bulan
  • Berat indukan ikan nila 150-200 gram, sedangkan jantan 250-300 gram.
  • Ciri ikan nila betina sehat terdapat dua lubang terpisah untuk pengeluaran kencing dan telur.
  • Ciri ikan nila jantan sehat dapat dilihat dari tonjolan agak runcing sebagai saluran sperma dan pengeluaran kencing. Selain itu, badan lebih tinggi dari ikan nila betina.

Persiapkan kolam pembenihan dengan baik

Kolam pembenihan budidaya ikan nila merah memiliki 2 fungsi, yaitu kolam pemeliharaan benih dan pemijahan. Perhatikan hal-hal berikut ini untuk membuat kolam ikan nila merah;

  • Keringkan kolam terlebih dahulu sebelum digunakan untuk proses pemijahan.
  • Cangkullah tanah dengan kedalaman 1meter dengan luas untuk satu pasang induk minimal 10 meter persegi.
  • Lakukan pemupukan di dasar kolam menggunakan pupuk kandang.
  • Gunakan saringan halus pada saluran pemasukan dan pengeluaran untuk mencegah ikan buas masuk ataupun benih lolos dari kolam.

Proses pemijahan ikan nila merah

Dalam waktu satu minggu, biasanya induk akan memijah dengan tanda pada dasar kolam terdapat lekukan-lekukan bulat bergaris tengah antara 30 sampai 50 cm. Setelah itu, indukan jantan dan betina dipisahkan ke kolam induk utama yang lebih besar.

Proses pendederan ikan nila merah

Butuh waktu 1 bulan untuk proses pendederan benih ikan nila merah ini. dalam proses ini, berilah pakan benih dengan dedak halus. Setelah 1 bulan, kemudian pindahkan ke kolam pembesaran. Tips cara pendederan ikan nila adalah sebagai berikut;

  • Apungkan ikan nila yang ada di dalam plastic ke permukaan air selama beberapa saat hingga suhu air di dalam kantong plastic sama dengan suhu air di dalam tambak.
  • Percikan air tambak ke dalam plastic secara perlahan-lahan, biarkan beberapa saat. Perhatikan, jika ikan terlihat sehat, maka ini saatnya kamu bisa menebarkan benih ikan dengan cara memiringkan kantong plastic.
  • Biarkan benih-benih tersebut keluar dari plastic dengan sendirinya dan jangan dipegang dengan tangan.
  • Jangan beri makan benih ikan nila selama 1 hari. Dan berilah pakan pada hari kedua dengan porsi dua kali sehari (padi dan sore) dengan cara ditebarkan secara merata di permukaan kolam.

Itulah tahap-tahap budidaya ikan nila merah. Setelah proses pendederan, tahap selanjutnya atau bisa disebut juga tahap terakhir adalah proses pembesaran. Dalam tahap terakhir ini, kolam yang diperlukan berukuran empat persegi panjang dengan sebuah parit memanjang di tengahnya. Parit kurang lebih berukuran 30 cm dengan kedalaman 15-20 cm untuk tempat air masuk ke tempat pembuangan. Butuh waktu sekitar 5-6 bulan untuk membesarkan ikan nila sampai dengan memanen.

Baca juga;

Usaha Ternak Ayam Potong Yang Menguntungkan.

Tips Sukses Bisnis Pakan Ternak Bagi Pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *