Tue. Oct 16th, 2018
tips sewa rumah

Tips Sederhana Menentukan Harga Sewa Rumah

Matajurnal – Sekarang ini, properti merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dipilih untuk menjaga kestabilan keuangan supaya tidak terpengaruh dengan dampak inflasi semakin sadis. Makanya, sangat wajar kalau akhirnya banyak sekali investor yang memilih bisnis properti untuk menyelamatkan harta mereka dari gerusan inflasi.

Namun terjun ke bisnis properti tentu bukanlah hal mudah, ada banyak hal harus Anda perhatikan, mulai dari menentukan jenis properti, menentukan target konsumen hingga memilih lokasi properti yang ingin dibeli.

Salah satu jenis properti yang banyak dipilih oleh investor adalah rumah, mereka mengambil keuntungan dari investasi rumah dengan cara dijual kembali atau disewakan. Menurut Ali Tranghanda, Direktur  Eksekutif Indonesia Property Watch , banyaknya investor memilih rumah untuk dijadikan investasi mereka karena permintaan akan jenis properti ini begitu tinggi.

Masyarakat kita merasa lebih nyaman untuk tinggal di dalam rumah jika dibandingkan dengan apartemen. Nah, bagi Anda saat ini yang ingin terjun bisnis properti dengan cara menyewakan rumah, berikut ini adalah tips menentukan harga sewa rumah yang perlu Anda coba.

Mengikuti Harga Pasaran Kontrakan

Anda bisa menentukan harga berdasarkan harga pasar yang berada di sekitar lokasi. Apakah boleh menaikan harga dari pasaran? Bisa saja, asalkan  memang rumah Anda memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan rumah sekitar, contohnya seperti lokasinya yang lebih strategis (dekat dengan jalan utama, pasar, sekolah) atau bangunannya yang memang lebih baik.

Rumus Menentukan Harga Sewa Rumah

Sebenarnya ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menentukan harga sewa, dengan menggunakan rumus sewa rumah, yakni harga properti x capitalization rate (rata-rata capitalization rate rumah 3%-5% per tahun).Contohnya jika Anda membeli rumah dengan harga Rp 500 juta, maka rumus yang bisa digunakan adalah 5% dikalikan Rp 500 juta maka hasilnya adalah Rp 25 juta per bulan.

Pertimbangkan Biaya Keluar dan Pemasukan

Jangan lupa untuk memikirkan biaya perawatan ketika rumah Anda disewakan, karena Anda tidak tahu seberapa tanggung jawabnya orang yang menyewa rumah Anda. Biaya tersebut bisa digunakan untuk memperbaiki kerusakan jika plafon rusak, keramik lantai rusak, keran air dan lain-lain. Jangan sampai nanti justru pengeluaran untuk memperbaiki rumah justru akan lebih mahal dari uang sewa rumah.

Lokasi Rumah Mempengaruhi Harga Sewa

Lokasi rumah menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam bisnis rumah kontrakan, karena semakin strategisnya rumah Anda maka semakin mahal pula harga yang ditawarkan. Seperti dekat dengan akses jalan ataupun fasilitas umum. Kondisi di sekitar rumah pun bisa mempengaruhi harga sewa rumah, seperti lingkungan di sekitar rumah yang tenang, tidak banjir, sehat hingga tetangga yang ramah, bisa dijadikan penentu harga rumah.

Fasilitas Bisa Mempengaruhi Harga Rumah

Fasilitas yang ada pada rumah juga bisa mempengaruhi harga, seperti adanya AC, kasur, kompor gas, kasur, lemari, kolam ikan, taman ataupun kolam renang bisa dijadikan alasan Anda bisa menaikan harga penyewaan. Namun jika penyewa rumah tidak berkenan untuk menggunakan fasilitas yang Anda tawarkan tentu Anda harus fleksibel dan dapat menurunkan harga sewa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *