Tips Budidaya Belut Dengan Air Bersih Tanpa Lumpur

Budidaya-belut

Cara Budidaya Belut – Banyak orang yang tertarik untuk budidaya belut, karena jenis ikan air tawar ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jika dikonsumsi, belut kaya akan kandungan gizi. Karena sadar akan banyaknya manfaat belut tersebutlah kemudian banyak orang yang mengonsumsinya, apalagi dagingnya yang gurih dan nikmat saat dimakan.

Sayangnya pasokan belut belum semuanya terpenuhi alias masih kekurangan, karena kebanyakan belut masih dipasok dari para pencari belut konvensional di sawah-sawah. Belut memang salah satu jenis ikan yang suka hidup di air yang berlumpur. Sedangkan untuk budidaya dengan lumpur kurang diminati. Meskipun hidup belut berada di daerah berlumpur, tapi kamu tetap bisa budidaya belut di air bersih tanpa lumpur. Begini caranya!

Budidaya belut

Cara Budidaya Belut Di Air Bersih (Tanpa Lumpur)

Air

Meskipun belut suka lumpur, tapi dia juga suka air yang cocok untuk kelangsungan hidupnya. Coba perhatikan, di lubang tempat belut bersembunyi, pasti terdapat air bersih. Meskipun demikian, kamu perlu mengetahui kriteria air bersih seperti apa yang disukai belut berikut ini;

  • Air harus bersih dan tidak mengandung zat kimia apapun.
  • Suhu air harus optimal, sekitar 25-28 derajat Celcius.
  • Pada tempat untuk budidaya belut, bisa kolam, bisa tong, diberi sirkulasi air untuk keluar masuk air.
  • Ganti air tempat budidaya belut tersebut 2 sampai 3 minggu sekali.

Pakan

Sebagai makhluk hidup, makanan adalah hal utama. Dalam memberikan pakan kepada belut, ada beberapa cara dan tipsnya agar sukses, yaitu;

  • Pemberian pakan tidak boleh kurang atau telat, karena bisa membuat belut memangsa sesamanya (kanibal).
  • Belut termasuk jenis ikan yang punya rasa bosan dalam urusan pakan. Ketika belut terlihat tidak berselera dengan sebuah pakan, maka gantilah. Sebaliknya, jangan mengganti pakan terlebih dahulu, jika belut masih antusias untuk melahap santapan pakan tersebut.
  • Pakan belut adalah ikan cere, ikan cithol, anakan ikan mas, lambung katak, ulat hongkong, cacing lumbricus, keong mas/ sawah, ikan guppy, dan lain sebagainya.

Pemilihan bibit unggul

Ciri-ciri bibit belut yang unggul adalah sebagai berikut ini;

  • Belut terlihat agresif, lincah, dan tidak loyo.
  • Belut sehat tidak ada luka atau cacat pada tubuhnya.
  • Jika dipegang, bibit belut sehat terasa keras.
  • Ukuran bibit sama, yaitu antara 10-12 cm.

Budidaya belut tidaklah susah, karena meskipun hidup aslinya di lumpur, belut ternyata suka hidup di air bersih juga. Ketiga hal yang sangat penting untuk bisa sukses budidaya belut di air bersih tanpa lumpur adalah kualitas air, pakan dan jeli dalam pemilihan bibit yang berkualitas.

Baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *