Pilihan Tempat Wisata di Tegal Yang Mempesona

tempat-wisata-di-tegal

Tempat Wisata di Tegal dan Sekitarnya – Ketika mendengar nama Kota Tegal, apa yang pertama kali ada di pikiran anda? Kemungkinan yang terpikirkan oleh anda adalah ‘Warteg’ alias warung tegal atau warung nasi. Selain itu, Kota ini juga sangat terkenal dengan logat bahasa jawa ‘Ngapak’ yang sama dengan bahasa masyarakat Purwokerto.

Seperti yang kita ketahui, Tegal merupakan salah satu Kota kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Di bagian utara Kota Tegal wilayahnya merupakan dataran rendah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Sedangkan pada bagian selatan merupakan dataran tinggi atau pegunungan, yang berbatasan dengan Kabupaten Banyumas dan Brebes.

Sebagai Kota Kabupaten yang letaknya cukup strategis, Tegal miliki potensi wisata yang cukup besar dan tentunya sangat menarik untuk dijadikan tempat liburan. Berbagai tempat wisata di Tegal yang eksotis karena keindahan alamnya, dan berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Tegal yang paling terkenal dan menarik untuk dikunjungi.

Tempat Wisata di Tegal dan Sekitarnya

Pantai Purwahamba Indah

tempat wisata di tegal

Pantai Purwa Hamba Indah merupakan salah satu tempat wisata di Tegal yang paling populer dan wajib untuk dikunjungi. Meskipun pasir pantainya yang tidak putih seperti Pantai Kuta di Lombok, namun wisata Pantai Purwahamba memiliki panorama yang begitu indah. Selain itu, pantai yang berlokasi di Desa Purwahamba, Kec. Suradadi ini, juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang menarik seperti sepeda air, kereta mini, area bermain anak, kolam renang, cafe, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pemandian Air Panas Guci

tempat wisata di tegal

Tempat wisata di Tegal selanjutnya yang menarik untuk di datangi adalah Pemandian Air Panas Guni. Wisata ini memiliki keunikan tersendiri yaitu menyediakan pemandian air panas yang sumbernya langsung dari Gunung Slamet, dengan tingkat kepanasan yang berbeda-beda dan ada 25 buah tingkatan. Menariknya lagi, pemandian air panas ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit karena airnya yang telah mengandung belerang. Pemandian Air Panas Guni ini terletak di Jl. Objek Wisata Guci, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Tegal.

Waduk Cacaban

tempat wisata di tegal

Sebagai salah satu tempat wisata di Tegal yang telah dibangun atas instruksi Presiden Ri yang pertama pada tahun 1952, wisata Waduk Wacaban sangat sayang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Tempat ini menyajikan pemandangan indah yang dapat membuat hati tenang, atau anda juga bisa menyusuri luasnya waduk dengan menggunakan kapal wisata yang sudah disediakan.

Curug Cantel

tempat wisata di tegal

Berlokasi di Dukuh Kalipedes, Kecamatan Sigedong, Curug Center adalah sebuah tempat wisata di Tegal yang menyuguhkan wisata alam air terjun. Dengan ketinggian sekitar 60 m, wisata air terjun ini masih sulit untuk dijangakau, karena pengunjung harus melewati jalur yang cukup ekstrim yang berjarak sekitar 400 m dari jalan raya. Namun ketika sampai disana, anda akan takjub melihat keindahan yang disajikan Curug Cantel dengan alam yang masih asri di sekelilingnya.

Gerbang Mas Bahari Waterpark

tempat wisata di tegal

Selain Wisata alam, Tegal juga memiliki obyek wisata buatan yang lebih modern yaitu Gerbang Mas Bahari Waterpark. Tempat wisata di Tegal yang satu ini cocok dijadikan tempat liburan favorit keluarga, karena wisata ini menyediakan berbagai wahana air yang seru seperti kolam ombak, wet futsal, dan area berenang anak. Untuk harga tiket masuknya sendiri cukup terjangkau yaitu Rp. 15.000/orang untuk hari kerja, dan Rp. 25.000/orang untuk akhir pekan dan libur nasional.

Bukit Gua Lawa atau Bukit Batu Agung

tempat wisata di tegal

Tempat wisata di Tegal yang satu ini terbilang masih cukup baru yang terkenal, dan sering dikunjungi para wisatawan terutama kalangan anak muda. Obyek wisata bukit yang terletak di 3 Desa yakni Desa Batu Agung, Bukateja, dan Harjawinangun ini, kabarnya banyak terdapat lawa (kelelawar) di gua yang berada di bukit tersebut. yang lebih menariknya lagi, di tempat wisata ini terdapat tumpukan batu besar yang menjulang tinggi ke atas dan dipadukan dengan pemandangan yang mengagumkan.

Tempat Wisata di Tegal Lainnya;

  • Pantai Alam Indah
  • Telaga Air Cempaka
  • Danau Beko Margasari
  • Jembatan Gantung Danawarsih
  • Curug Putri

Banyaknya tempat wisata di Tegal yang tak kunjung habis untuk dibicarakan, namun itulah beberapa rekomendasi obyek wisata di Kota Tegal yang paling terkenal dan sering dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa kunjungi juga, tempat wisata di Jepara yang mempesona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *