Tempat Wisata di Solo yang Perlu Dikunjungi

tempat-wisata-di-solo

Tempat wisata di solo – Solo adalah nama sebutan dari kota Surakarta yang terletak di provinsi jawa tengah bagian selatan dan salah satu kotamadya yang ada di Indonesia. Kota yang sekarang menjadi sorotan oleh banyak orang karena melahirkan Presiden RI ke 7 ini, sangat terkenal dengan wisata kulinernya yaitu bakso atau mie ayam solo.

Namun perlu kita ketahui selain wisata kuliner, solo juga merupakan kota berlokasi strategis ditengah-tengah jalur darat yang memiliki banyak tempat wisata. Beberapa tempat wisata di solo mampu menarik perhatian para wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Pada kesempatan kali ini, kami menginformasikan beberapa tempat wisata di solo yang paling terkenal sekaligus bisa menjadi destinasi liburan anda bersama keluarga atau orang tercinta.

Tempat Wisata di Solo yang Wajib Anda Kunjungi

tempat wisata di solo

Wisata Keraton Surakarta

Selain kuliner, kota solo juga terkenal dengan wisata budayanya. Keraton Surakarta merupakan salah satu tempat wisata di solo yang paling terkenal dan bayak dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai wilayah. Di tempat ini, pengunjung dapat mengetahui beberapa sejarah tentang kota solo dengan melihat berbagai benda kuno yang salah satunya adalah kereta kencana. Untuk dapat menikmati wisata budaya di Solo ini, andak cukup membayar tiket masuknya seharga 10.000 Rupiah saja.

tempat wisata di solo

Wisata Grojogan Sewu Tawangmangu

Wisata gerojogan sewu merupakan obyek wisata alam yang sangat terkenal di Solo. Obyek wisata ini berlokasi sebelah barat gunung lawu dan berjarak sekitar 37 km sebelah timur kota solo. Harga tiket masuk wisata gerojogan sewu tawangmangu ini pun cukup terjangkau, yaitu cukup membayar 18.000 Rupiah saja.

Setiap wisatawan yang datang ke tempat wisata di solo ini akan dimanjakan dengan pemandangan air terjun yang menakjubkan yang menyimpan jutaan misteri. Selain itu, udaranya yang sejuk bisa membuat para pengunjung merasa betah dan tidak mudah bosan.

tempat wisata di solo

Wisata Tugu Lilin

Tempat wisata di Solo yang cukup terkenal yaitu wisata tugu lilin. Obyek wisata yang berlokasi di jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo ini, menjadi salah satu tempat liburan selanjutnya yang wajib dikunjungi. Tugu lilin merupakan sebuah monumen untuk memperingati 25 tahun berdirinya Boedi Oetomo (sebuah organisasi pemuda). Dengan bentuknya yang menyerupai lilin menyala, tugu lilin telah melambangkan pengabdian dan semangat perjuangan bangsa Indonesia yang terus berapi-api memperjuangkan kemerdekaan.

tempat wisata di solo

Wisata Taman Sriwedari

Sesuai dengan namanya, taman sriwidari merupakan salah satu tempat wisata di Solo yang menyajikan keindahan taman dan identik dengan unsur-unsur sejarah. Wisata yang dulunya dibuat untuk tempat keluarga kerajaan ini, sangat cocok untuk destinasi liburan favorit keluarga. Karena disini pelancong dapat menikmati pertunjukan kesenian wayang yang bertema Mahabarata dan Ramayana.

tempat wisata di solo

Wisata Kampoeng Batik Kauman

Kampung batik kauman ialah tempat wisata di solo yang bertemakan wisata belanja oleh-oleh khas solo salah satunya Batik.  Kampoeng yang merupakan pusat kerajinan batik ini berlokasi tidak jauh dari keraton Kasunan Surakarta di pusat kota Solo.

tempat wisata di solo

Wisata Museum Manusia Purba Sangiran

Tempat wisata di solo yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah museum manusia purba sangiran. Disini ini, anda dapat melihat koleksi berupa fosil manusia purba yang berumur lebih dari 2 juta tahun dengan koleksi lebih dari 13.000 fosil manusia purba. Perlu kita ketahui juga, museum manusia purba sangiran ini menjadi museum terlengkap yang ada di Asia.

tempat wisata di solo

Wisata Pandawa Water World Solo Baru

Obyek wisata pandawa water world solo baru merupakan salah satu destinasi wisata favorit keluarga yang sudah sangat terkenal. Wisata yang tepatnya berlokasi di solo baru ini menawarkan berbagai permainan air sehingga sangat cocok untuk semua umur.

Tempat-Tempat Wisata di Solo Lainnya;

  • Wisata Tama Belekambang
  • Wisata Pasar Klewer
  • Kebun Binatang Taru Jurung
  • Wisata Pura Mangkunegara

Itulah beberapa informasi tentang deretan tempat-tempat wisata di solo yang mungkin bisa dijadikan destinasi liburan anda bersama keluarga, teman, atau pun orang tercinta. Jangan lupa baca juga, Destinasi liburan yang paling populer di kota Medan dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *