Tue. Oct 16th, 2018
tempat-wisata-di-purwakarta

Tempat Wisata Di Purwakarta Yang Menarik

Tempat Wisata di Purwakarta dan Sekitarnya – Purwakarta merupakan sebuah kota Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Disamping Itu, Purwakarta juga termasuk kota yang letaknya cukup strategis, sehingga tak heran jika kota tersebut memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Kota ini terkenal sebagai daerah kelahiran beberapa pemimpin besar atau negarawan, diantaranya adalah Ipik Gandamana (Bupati Pertama Kab. Bogor, Gubernur Jabar, dan Mentri Dalam Negeri) dan Kusumah Atmaja ( Ketua Pertama Mahkamah Agung).

Berbagai tempat wisata di Purwakarta yang ditawarkan, mulai dari wisata alami sampai yang wisata buatan nampaknya cukup indah dan mampu memikat hati setiap para pengunjung. Nah, apa saja tempat wisata di Purwakarta yang wajib dikunjungi? Berikut Ulasannya.

Tempat Wisata di Purwakarta

Waduk Jatiluhur

Beberapa Tempat wisata di Purwakarta yang paling terkenal dan menarik untuk didatangi salah satunya adalah Waduk Jatiluhur. Waduk yang dibangun pada tahun 1957 ini merupakan waduk buatan pertama di Indonesia, yang dimana dulunya difungsikan sebagai pembangkit listrik, irigasi, budidaya ikan, dan persediaan bahan baku air minum.

Seiring berjalannya waktu, kini Waduk Jatiluhur berkembang menjadi obyetempat wisata di Purwakarta karena mempunyai penorama yang sangat indah. Selain karena keindahannya yang mampu menarik para wisatawan dari berbagai daerah, di tempat ini juga menyajikan berbagai fasilitas yang menyenangkan seperti selancar angin, ski, memancing, berperahu mengelilingi waduk, dan lain sebagainya.

Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud

Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud adalah sebuah tempat wisata di Purwakarta wajib dikujungi, karena yang menyajikan keindahan air mancur yang mirip dengan air mancur yang ada di negara tetangga yakni Singapura. Berbagai keelokan dari wisata ini ditunjukkan dengan terdapatnya ligh effect serta api diatas air yang gerakannya bervariasi mengikuti irama musik yang dimainkan. Pemandangan cantik yang Taman Air Mancur Sri Baduga Situ Buleud di sajikan setiap hari sabtu pukul 22:00 – 22:00 WIB.

Curug Cipurut

Terletak di kaki gunung Burangrang yang kurang lebih berjarak 30 km dari pusat Kota Purwakarta, obyek wisata alam Curug Cipurut sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Menawarkan panorama yang sangat luar biasa dengan menyajikan tiga air Curug, dan satu yang tertinggi hingga mencapai 25 m. Akses untuk menuju tempat wisata ini pun sudah sudah cukup baik, sehingga bisa ditempuh dengan angkutan daerah maupun angkutan pribadi.

Giri Tirta Kahuripan

Giri Tirta Kahuripan termasuk tempat wisata di Purwakarta yang cukup populer dan kerap dibanjiri para pengunjung, terutama pada saat akhir pekan dan musim liburan. Obyek wisata ini terletak di daerah pegunungan yang menyajikan pemandangan alam hijau yang menakjubkan dan disertai dengan udara sejuk, maka tercipta suasana romantis sehingga sangat cocok untuk destinasi wisata pasangan.

Gedung Keresidenan

Tempat wisata di Purwakarta selanjutnya yang menarik untuk didatangi ialah Gedung Keresidenan, yang dimana tempat ini merupakan salah satu obyek wisata sejarah Purwakarta yang ikut berperan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peninggalan Gedung Keresidenan dan Gedung Negara, yang dimana gedung tersebut telah dibangun pada masa kolonial Belanda pada tahun 1854.

Jatiluhur Woterworld

Jatiluhur Woterworld merupakan sebuah taman air yang menjadi tempat wisata di Purwakarta dan kerap dijadikan destinasi wisata favorit keluarga. Tempat yang berjarak sekitar 120 km dari Jakarta dan 70 km dari Bandung ini, menyediakan berbagai wahana seru dan menyenangkan.

Tempat Wisata di Purwakarta Lainnya;

  • Waduk Cirata
  • Gua Jepang dan Belanda
  • Sentra Keramik Plered
  • Desa Sejuta Batu
  • Wisata Kuliner Sate Maranggi

Ya, itulah beberapa deretan informasi tentang beberapa tempat wisata di Purwakarta, yang bisa dijadikan destinasi liburan anda bersama keluarga, teman, dan orang tercinta. Semoga bermanfaat dan ketahui juga obyek wisata yang ada di daerah lain seperti  tempat wisata di Gorontalo dan tempat wisata di Maluku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *