Tempat Wisata Di Pekalongan Yang Wajib Dikunjungi

tempat-wisata-di-pekalongan

Tempat Wisata di Pekalongan dan Sekitarnya – Siapa yang tidak kenal Pekalongan? Sebuah Kota Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang sangat terkenal sebagai kota Batik di Indonesia. Namun, tidak ada yang menyangka bahwa selain Batik, ternyata terdapat tempat wisata di Pekalongan yang menarik untuk dikunjungi.

Kota ini bagian Utara-nya berbatasan langsung dengan Laut Jawa,  dan berjarak sekitar 101 km sebelah barat Kota Semarang. Sebagai Kota kreatif yang sudah diakui oleh UNESCO dalam kategori Crafts pada tahun 2014 lalu, Pekalongan menawarkan berbagai obyek wisata menarik yang cocok untuk berakhir pekan atau sekedar mengisi masa liburan. Nah, apa saja tempat wisata-nya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

Curug Muncar

tempat wisata di pekalongan

Curug Muncar adalah salah satu tempat wisata di Pekalongan yang menyajikan wisata alam air terjun. Wisata ini berlokasi di Desa Curugmuncar, Kecamatan Petungkriyono atau kurang lebih berjarak 30 km dari pusat Kota Pekalongan. Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 1.249 mdpl, wisata Curug Muncar ini menawarkan pemandangan lereng gunung Rogojembangan yang begitu indah dan didukung dengan suasana sejuk. Sehingga setiap pengunjung yang datang akan merasa nyaman dan betah berlama-lama di tempat ini.

Pantai Pasir Kencana

tempat wisata di pekalongan

Pantai Pasir Kencana Termasuk salah satu tepat wisata di Pekalongan yang paling terkenal, dan kerap menjadi tujuan utama para wisatawan dari berbagai daerah yang berkunjung ke Kota Batik ini. Selain karena jaraknya yang dekat dengan pusat Kota Pekalongan yakni sekitar 4 km, Pantai pasir kencana ini juga menyajikan panorama pantai yang eksotis dan sudah sudah dilengkapi berbagai fasilitas pantai yang pastinya akan membuat anda puas.

Museum Batik Pekalongan

tempat wisata di pekalongan

Jalan-jalan ke Kota Pekalongan rasanya kurang lengkap jika belum berkunjung ke Museum Batik, yang berada di Jl. Jetayu No.1. Sebagai salah satu tempat wisata di Pekalongan yang memamerkan aneka kerajinan Batik, Museum Batik ini termasuk destinasi liburan yang wajib anda dikunjungi. Dengan menawarkan harga tiket yang cukup terjangkau, anda akan puas beragam koleksi Batik Nusantara yang terbagi dalam 3 ruangan. Semuanya disajikan dalam corak dan karakter yang berbeda, mulai dari kuno sampai yang modern atau kekinian.

Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo

tempat wisata di pekalongan

Tempat wisata di Pekalongan selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan adalah Puncak Hanoman Gunung Kendalisodo. Terutama buat kalian yang hobi mendaki gunung wisata ini wajib anda datangi, karena di atas puncak Gunung Kendalisodo ini terdapat puncak Hanoman yang menyajikan pemandangan yang begitu menakjubkan. Wisata Gunung yang tingginya mencapai 1.697 mdpl ini, berlokasi di Kecamatan Petungkriyono, Pekalongan.

Argowisata Kebun Teh Pagaliran

tempat wisata di pekalongan

Indah, sejuk dan asri, itulah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan tempat wisata di Pekalongan yang satu ini, yaitu Argowisata Kebun Teh Pagaliran. Meskipun lokasinya yang lumayan jauh yaitu sekitar 40 km dari pusat Kota Pekalongan, namun hal itu tidak mampu membendung para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini untuk menikmati indah dan sejuknya kebun teh yang masih asri.

Tempat Wisata di Pekalongan Lainnya;

  • Pantai Slamaran
  • Wisata Alam Curug Bajing
  • Pantai Depok
  • Rekreasi Alam Linggo Asri
  • International Batik Center (IBC)

Meskipun masih banyak obyek wisata yang lain, namun itulah beberapa tempat wisata di Pekalongan yang paling populer dan kerap dikunjungi para wisatawan baik dari dalam maupun luar daerah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa kunjungi juga tempat wisata di Tegal dan tempat wisata di Salatiga yang mempesona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *