Tue. Oct 23rd, 2018
Tempat wisata di Palembang

Tempat Wisata di Palembang yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Di Palembang – Palembang merupakan ibu kota provinsi Sumatra Selatan, yang terkenal dengan makanan khasnya yaitu pempek yang kini sudah menyebar ke seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Selain makanannya, kota terbesar di wilayah sumatra selatan ini juga banyak dikenal dengan jembatan ampera dan sungai musi. Dimana jembatan tersebut saat ini telah dijadikan sebagai ikon kota dan kerap jadikan sebagai obyek wisata paling terkenal di palembang.

Berbicara mengenai obyek wisata atau tempat rekreasi, wilayah yang luasnya sekitar 358,55 km² dengan jumlah penduduk ada 1,9 juta orang ini, memiliki berbagai tempat wisata yang menarik dan wajib untuk dikunjungi apabila sedang berlibur ke palembang. Nah, pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum beberapa tempat wisata di palembang dan sekitarnya. Berikut informasinya!

Inilah Tempat Wisata di Palembang

Jembatan Ampera dan Sungai Musi

Berbagai tempat wisata di palembang yang terkenal dan menarik untuk dikunjungi salah satunya yaitu jembatan ampera dan sungai musi. Kurang lengkap rasanya jika berlibur ke palembang namun tidak menikmati keindahan jembatan dan sungai tersebut. Apalagi jika sore atau malam hari tempat wisata tersebut menyuguhkan pemandangan yang sangat indah.

Menurut sejarah, jembatan yang menghubungkan daerah seberang Ulu dan ilir ini sudah di bangun sejak tahun 1962 dengan kepanjangan sekitar 50 meter. Disekitar jembatan ampera terdapat pasar yang merupakan pusat oleh-oleh, maka dengan mudah anda bisa membeli oleh-oleh khas palembang.

Pulau Kemaro

Tempat wisata di Palembang – Pulau Kemaro

Pulau kemaro merupakan salah satu tempat wisata di palembang yang cukup populer dan menarik untuk disambangi. Lokasi pulau ini persis berada di tengah-tengah sungai musi, yang berjarak sekitar 6 km dari jembatan ampera. Di pulau tersebut ada akan dimanjakan dengan pemandangan vihara dengan bangunannya yang sangat indah dan sering dikunjungi oleh umat budha untuk beribadah.

Selain itu, di pulau kemaro juga terdapat makam dari seorang putri palembang yang dimana memiliki cerita tersendiri. Menurut cerita singkatnya, seorang putri tersebut telah menikah dengan seorang anak raja dari Cina dengan mas kawin 9 guci emas, tetapi pada akhirnya pasangan itu pun menerjunkan diri ke sungai lalu tenggelam.

Sejarah Benteng Kuto Besak

Sejarah benteng kuto besak ini merupakan salah satu bukti kejayaan masa lampau kerajaan palembang darusalam. Tempat wisata di palembang yang satu ini lokasinya masih dekat dengan jembatan ampera dan sungai musi. Tempat yang telah dibangun dengan dinding batu ini, dulunya dimanfaatkan sebagai pertahanan diri dari serangan musuh dan didalamnya terdapat kantor kesehatan yaitu kodam sriwijaya II.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin

Rumah ibadah umat muslim atau masjid merah yang terletak di pusat kota palembang ini merupakan masjid terbesar di palembang yang mampu menampung sekitar 1.500 jamaah. Masjid yang dibangun dengan gabungan arsitektur gabungan dari Indonesia, Cina dan Eropa ini, telah menjadi tempat yang cocok untuk wisata budaya dan religi.

Taman Hutan Wisata Punti kayu

Sesuai dengan namanya, taman hutan wisata punti kayu merupakan salah satu tempat wisata di palembang yang berupa hutan yang kerap dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Wisata hutan ini letaknya sekitar 7 km dari pusat perkotaan. Taman hutan wisata punti kayu memiliki luas kurang lebih 50 hektar, dan kini menjadi salah satu tempat wisata favorit keluarga. Di sini pengunjung akan akan dimanjakan dengan pemandangan berbagai jenis hewan layaknya kebun binatang.

Taman Kembang Iwak

Tempat wisata di Palembang – Taman Kembang Iwak

Tempat wisata di palembang selanjutnya yang wajib dikunjungi adalah taman kembang iwak. Wisata ini merupakan salah satu peninggalan sejarah pada saat penjajahan dahulu kala. Konon katanya disini dulu dijadikan tempat rekreasi keluarga orang belanda yang tinggal disekitar taman tersebut. Dengan pemandangan kolam yang panjangnya mencapai 800 meter, membuat tempat ini banyak di gunakan sebagai olahraga lari pagi.

Air Terjun Lematang Indah

Tempat wisata di Palembang – Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah merupakan tempat wisata di palembang selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan saat berlibur ke kota tersebut. Wisata alam air terjun yang terletak di kota pagar alam palembang ini, memiliki ketinggian sekitar 40 meter. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun pengunjung akan merasa puas dengan pemandangan yang masih sangat alami dan indah.

Tempat Wisata di Palembang Lainnya;

  • Gelora Sriwijaya
  • Masjid Cheng Ho
  • Monumen Perjuangan Rakyat Palembang
  • Bukit SiGuntang

Nah, itulah ulasan singkat mengenai tempat-tempat wisata di palembang yang cukup terkenal dan wajib dikunjungi apabila berkunjung ke kota tersebut. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi referensi liburan anda bersama keluarga.

Baca juga; Tempat wisata yang cocok untuk anak di Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *