Rekomendasi Tempat Wisata Di Mojokerto, Jawa Timur

tempat-wisata-di-mojokerto


Tempat Wisata di Mojokerto dan Sekitarnya – Siapa yang tidak kenal Mojokerto, sebuah Kota Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur, dan letak wilayahnya sekitar 50 km sebelah barat daya Kota Surabaya. Mojokerto termasuk kota metropolitan yang menjadi penyanggah utama ibukota Provinsi Jawa Timur, karena Kota tersebut memiliki perkembangan yang cukup pesat. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya tempat wisata di Mojokerto yang menarik dan kerap dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah.

Mulai dari wisata alam, budaya, dan sejarah, hampir semuanya ada di Kota Mojokerto. Nah, berbicara mengenai obyek wisata atau tempat rekreasi tentunya sangat menarik kita bahas. Berikut ini adalah ulasan tentang beberapa tempat wisata di Mojokerto, yang paling terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan daerah maupun wisatawan asing.

Tempat Wisata di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

Museum Balai Pelestarian Purbakal

tempat wisata di mojokerto

Tempat wisata di Mojokerto yang populer dan menarik untuk dikunjungi yang pertama adalah Museum Balai Pelestarian Purbakal. Tempat ini merupakan sebuah museum atau balai pelestarian yang menyimpan berbagai macam peninggalan barang zaman purbakala.

Di museum yang terletak di Jl. Mojopahit, No. 141-143 ini. Anda dapat melihat benda-benda peninggalan purbakala seperti lempengan besi bertuliskan mantra-mantra, arca peninggalan kerajaan Hindu, patung Nandi berupa lembu yang merupakan kendaraan dari Dewa Syiwa, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Candi Bajang Ratu

tempat wisata di mojokerto

Candi Bajang Ratu termasuk tempat wisata di Mojokerto selanjutnya yang cukup terkenal dan menarik untuk didatangi. Wisata Candi Bajang Ratu yang berlokasi di Desa Temon, Kecamatan Trowulan ini. Merupakan wisata sejarah peninggalan purbakala yang sering didatangi para pelancong dari berbagai daerah, dan sering dijadikan ajang berfoto karena memiliki tempat dan pemandangan yang sangat indah.

Mahavihara Patung Budha Tidur

tempat wisata di mojokerto

Mahavihara Patung Budha Tidur merupakan salah satu tempat wisata di Mojokerto yang terbilang cukup unik. Sebab di tempat wisata ini anda akan melihat patung Budha dengan posisi tidur yang ukuran sangat besar dan berwarna gold.

Bahkan sangking besarnya, Patung Budha Tidur tersebut menjadi patung terbesar ke 3 yang ada di dunia. Wisata yang identik dengan tempat peribadahan umat Budha ini, berlokasi di Jl. Raya Trawulon, Desa Bejijong, Kecamatan Trawulon, Mojokerto.

Kolam Segaran

tempat wisata di mojokerto

Masih di sekitar wilayah Trawulon, tampak sebuah obyek wisata lain yang menarik untuk disambangi yaitu Kolam Segara. Diketahui Kolam Segaran ini merupakan tempat wisata di Mojokerto yang menyajikan sebuah kolam dengan ukuran cukup luas. Wisata kolam ini juga termasuk peninggalan sejarah kerajaan Majapahit yang telah berjaya berjaya pada masanya.

Air Terjun Coban Canggu

tempat wisata di mojokerto

Selain wisata budaya dan sejarah, wisata alam Mojokerto juga nggak kalah indahnya dengan beberapa kota lain di Jawa Timur seperti Surabaya, Blitar dan Gresik. Tempat wisata di Mojokerto yang satu ini menyuguhkan keindahan alam dengan air terjun yang cukup mengagumkan.

Terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, wisata ini wajib untuk disambangi karena tempatnya yang masih alami sangat cocok untuk menghilangkan penat akibat kerjaan atau rutinitas dalam kehidupan sehari-hari.

Gunung Penanggungan

tempat wisata di mojokerto

Gunung Penanggungan adalah sebuah gunung yang berada di kawasan Trawas, dan menjadi tempat wisata di Mojokerto yang layak untuk didatangi terutama bagi kalian yang hobi mendaki gunung. Wisata alam gunung yang memiliki ketinggian mencapai 1.600 m diatas permukaan laut, menawarkan pemandangan yang sangat luar biasa indah dari atas gunung.

Tempat Wisata di Mojokerto Yang Lain;

  • Candi Tikus, Candi Brahu, dan Candi Wringin Lawang
  • Makam Troloyo Mojokerto yang Bersejarah
  • Museum Trowulan Mojokerto
  • Pemandian Ubalan Mojokerto

Sebagai salah satu Kota tertua yang ada di Provinsi Jawa Timur, tak heran jika tempat wisata di Mojokerto banyak yang mengandung unsur sejarah dan budaya. Sehingga banyak tempat dan benda sejarah peninggalan pada zaman purbakala. Wisata alamnya pun juga mampu memikat hati para pengunjung.

Nah, itulah beberapa tempat wisata di Mojokerto yang harus anda kunjungi apabila sedang berada di Kota tersebut. Jangan lupa baca juga, Tempat wisata di Kediri yang menarik untuk dikunjungi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *