Mon. Oct 15th, 2018
tempat-wisata-di-makasar

Tempat Wisata Di Makassar dan Sekitarnya yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata di Makassar – Makassar merupakan salah satu kota metropolitan terbesar pertama yang ada di Indonesia Timur, dan sekaligus menjadi ibu kota provinsi Sulawesi Selatan. Dulunya kota ini memiliki nama Ujung Padang, lalu pada tahun 1991 kota ini diganti nama menjadi Makassar.

Kota yang berada di pesisir pantai barat daya pulau sulawesi dan berbatasan dengan selat makassar sebelah barat ini, sangat terkenal dengan wisata kuliner yang salah satunya adalah pisang epe dan coto. Selain wisata kuliner, kota yang perkembangannya cukup pesat ini juga mempunyai berbagai tempat wisata yang indah dan sangat menarik untuk dikunjungi. Apa saja wisatanya? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya

Pantai Losari

Pantai Losari, Inilah tempat wisata di Makassar yang paling terkenal dan wajib untuk dikunjungi. Bahkan rasanya kurang afdol jika berlibur ke Makassar kalau belum mengunjungi pantai tersebut. Meskipun pantai Losari tidak memiliki pasir seperti pantai-pantai pada umumnya melainkan beton di tepi, bukan berarti tempat ini tidak layak dikunjungi. Karena disini anda dapat melakukan banyak hal lain yang menyenangkan seperti menikmati sepeda air, banana boat, berlayar, memancing dan masih banyak lagi keseruan lainnya.

Benteng Rotterdam

Tempat wisata di Makassar Benteng Rotterdam

Tempat wisata di Makassar selanjutnya yang wajib untuk dikunjungi adalah wisata sejarah Benteng Rotterdam atau Fort Rotterdam. Berlokasi tidak jauh dari kawasan Pantai Losari. Benteng yang merupakan salah satu peninggalan sejarah kerajaan Gowa-Tallo ini telah dibangun pada tahun 1545 oleh Raja ke 9. Menurut sejarah, benteng yang dilihat dari atas seperti penyu merangkak ini dulunya dibangun dengan menggunakan putih telur dan tanah liat. Kemudian disempurnakanlah bangunannya oleh Raja ke 14 sampai saat ini.

Taman Nasional Bantimurung

Tama nasional bantimurung merupakan salah satu tempat wisata di Makassar yang cukup terkenal, dan sangat menarik untuk dikunjungi. Wisata yang berlokasi di Kabupaten Maros dan berjarak sekitar 45 km dari pusat kota Makassar ini. Memiliki luas 43.750 hektar dengan daerahnya yang diliputi bukit kapur, air terjun dan juga gua. Taman ini ditemukan pertama kali oleh seorang ahli botani dari Inggris yang bernama Alfred Russel Wallace, yang menyebutnya sebagai tempat kerajaan kupu-kupu karena disini terdapat sekitar 250 jenis.

Pemandian Air Panas Lejja

Berlokasi di kawasan hutan lindung Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, wisata pemandian air panas lejje ini hampir tidak pernah sepi oleh pengunjung. Indahnya pemandangan disekitar kolam, dengan dikelilingi pepohonan dan udara yang sejuk, dapat membuat para pelancong nyaman dan tidak mudah bosan.

Tempat wisata di Makassar yang satu ini memiliki 5 kolam dengan kedalaman dan suhu yang beda-beda, untuk dapat menikmati kolam tersebut pengunjung akan di kenakan biaya sebesar Rp. 5.000 (dewasa) dan Rp. 3.000 (anak-anak).

Trans Studio Makassar

Trans Studio Makassar merupakan sebuah tempat wisata modern yang sudah di buka sejak 20 Mei 2009 lalu. Memiliki luas lahan sekitar 2,7 hektar dengan 21 wahana dan 4 zona permainan, tempat wisata di makassar ini selalu dipadati para pengunjung dari berbadai daerah terlebih pada saat libur sekolah. Dengan tiket masuk sebesar Rp. 100.000 dan Rp. 175.000 pada akhir pekan, tempat ini dibuka setiap hari dari jam 10 pagi s/d. jam 7 malam, kecuali akhir pekan dan hari libur dibuka sampai jam 9 malam.

Malino

Tempat wisata di Makassar Malono

Malino merupakan salah satu tempat wisata di Makassar yang tidak bisa dilewatkan. Karena wisata yang berada di ketinggian 1.050 meter diatas permukaan laut ini meyuguhkan keindahan panorama khas pegunungan. Berjarak sekitar 90 km dari pusat kota Makassar, tempat dengan suhu antara 10-26 derajat celcius ini sudah terkenal sejak zaman Belanda dan menjadi tempat liburan favorit keluarga.

Taman Laut Taka Bonerate

Berada tepat di kota Benteng kepulauan selayar, taman laut take bonerate merupakan tempat wisata di Makassar yang sering disebut sebagai surga bagi para nelayan. Karena tempat ini memang sangat cocok untuk kalian para pecinta snorkeling. Beraneka ragam ikan, penyu, dan spesies laut lainnya dapat anda temui saat snorkeling atau menyelam. Untuk dapat menyelam di taman laut take bonerate ini haru mendapatkan izin terlebih dahulu dari Balai Taman Nasional, dengan syarat membawa kartu identitas yang masih berlaku, serta biaya yang dikenakannya sebesar Rp. 25.000 untuk wisatawan domestik dan Rp. 60.000 untuk wisatawan mancanegara.

Pulau Lae-lae

Tempat wisata di Makassar Pulau Lae-lae

Pulau Lae-lae yang berpenghuni sekitar 2.000 jiwa ini, merupakan peninggalan Jepang yang kerap di kunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Untuk dapat berkunjung ke pulau atau tempat wisata di makassar tersebut, anda dapat mengunakan motor boat dari dermaga yang berada di depan Fort Rotterdam dan memakan waktu kurang lebih 10-15 menit.

Tempat-Tempat Wisata di Makassar Lainnya;

  • Pantai Akkarena
  • Pulau Kayangan dan Pulau Gusung
  • Pegunungan Karst dan Air Terjun Takapala
  • Pusat Kerajinan Perahu Pinisi

Demikianlah deretan informasi tentang tempat wisata di Makassar dan sekitarnya, yang mungkin dapat menjadi destinasi liburan anda. Atau anda juga bisa melihat obyek wisata di daerah lainnya, pada Artikel Wisata kami yang ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *