Tempat Wisata Di Kuningan Jawa Barat Yang Mempesona

tempat-wista-di-kuningan-

Tempat Wisata di Kuningan dan Sekitarnya – Seperti yang kita ketahui bersama, Kuningan merupakan sebuah Kota Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini terbagi atas 32 Kecamatan, yang dimana letak wilayahnya berbatasan dengan Kabupaten lain seperti, Majalengka (sebelah Barat), Cirebon (sebelah Utara), Brebes (sebelah Timur), Ciamis dan Cilacap ( sebelah Selatan).

Walaupun hanya memiliki luas daerah sekitar 1.195 km², Kabupaten Kuningan mempunyai berbagai destinasi wisata menarik dan dapat dijadikan sebagai alternatif liburan anda. Berbagai tempat wisata di Kuningan didominasi oleh wisata alam dan budaya, seperti halnya gunung, air terjun, dan cagar budaya.

Nah pada kesempatan kali ini, Matajurnal.com akan mengajak anda berkunjung ke tempat wisata di Kuningan yang paling terkenal dan sangat mempesona. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita simak ulasannya dibawah ini.

Tempat Wisata di Kuningan yang Wajib Dikunjungi

Gunung Ciremai

tempat wisata di kuningan

Dari berbagai tempat wisata di Kuningan yang paling terkenal dan wajib untuk dikunjungi salah satunya adalah wisata Gunung Ciremai. Dengan ketinggian yang mencapai 3.078 mdpl, Gunung Ciremai merupakan Gunung tertinggi di Jawa Barat yang kerap menjadi tujuan utama para pendaki. Hal ini dikarenakan tempat ini menyajikan pemandangan yang begitu indah dan menakjubkan.

Selain mendaki Gunung Ciremai, anda juga dapat berkunjung Taman Nasional Gunung Ciremai yang menyajikan keindahan alam dan air terjun yang sangat terkenal yakni Curug Putri. Tak heran jika wisata ini kerap dibanjiri oleh para pengunjung terutama pada akhir pekan atau hari libur nasional.

Pemandian Cibulan

tempat wisata di kuningan

Pemandian Cibulan merupakan sebuah pemandian yang sering dijadikan tempat wisata favorit keluarga bagi masyarakat Jawa Barat. Sebagai salah satu tempat wisata di kuningan, Pemandian Cibulan mempunyai sejarah panjang peradaban Islam di bumi Jawa. Jika menurut cerita sejarahnya, tempat ini pernah menjadi persinggahan Prabu Siliwangi. Di tempat wisata Pemandian Cibulan yang terletak di Desa Manis Kidul ini, juga terdapat ikan dewa yang konon usianya sudah ratusan tahun.

Gedung Perundingan Linggarjati

tempat wisata di kuningan

Gedung Perundingan Linggarjati merupakan saksi sejarah perjanjian bangsa Indonesia dengan penjajah Belanda pada 10 – 13 November 1946. Gedung ini terletak tidak jauh dari Taman Linggarjati Indah yaitu sekitar berjarak 100 m. Tempat wisata di Kuningan yang satu ini wajib untuk kunjungi, karena di tempat ini anda dapat melihat sejumlah koleksi sejarah seperti foto dokumen, foto ketua delegasi Indonesia, serta beberapa delegasi Belanda.

Curug Cidomba

tempat wisata di kuningan

Tempat wisata di Kuningan selanjutnya yang harus anda datangi adalah Curug Cidomba. Terletak di Desa Peusing, Kecamatan Jalaksana, wisata ini menyuguhkan keindahan alam air terjun yang sudah dilengkapi dengan fasilitas menarik seperti saung, tempat makan, dan beberapa fasilitas lainnya. Didukung dengan suasana yang sejuk, membuat tempat ini sering dikunjungi para wisatawan sebagai tempat liburan mereka.

Situs Purbakala Cipari

tempat wisata di kuningan

Situs Purbakala Cipari adalah sebuah situs peninggalan masa prasejarah yakni pada era megalitikum. Situs yang terbilang cukup lengkap ini menggambarkan kehidupan manusia purba di masa lampau, sehingga tidak sedikit para wisatawan yang ingin mendatangi tempat ini, baik dari kalangan pelajar maupun masyarakat umum.

Waduk Darma Kuningan

tempat wisata di kuningan

Satu lagi tempat wisata di Kuningan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja yaitu wisata Waduk Darma Kuningan. Tempat ini menyajikan pemandangan hijau nan indah disekitar waduk yang dipadukan dengan hawa yang sejuk, sehingga akan membuat anda betah berlama-lama di tempat ini. Selain itu, anda juga bisa berkeliling menyusuri waduk dengan menggunakan perahu yang sudah disediakan.

Tempat Wisata di Kuningan Lainnya;

  • Telaga Remis
  • Sumur Tujuh Cibulan
  • Taman Wisata Alam Linggarjati
  • Open Space Gallery Kuningan
  • Kebun Raya Kuningan

Demikianlah ulasan singkat tentang tempat wisata di Kuningan dan sekitarnya, yang paling populer dan tentunya sangat menarik untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan atau menambah daftar destinasi liburan anda bersama orang-orang tercinta. Jangan lupa baca juga tempat wisata di Cianjur, dan tempat wisata di Tasikmalaya, Jawa Barat yang menarik untuk disambangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *