Tempat Wisata Di Jepara Yang Menarik Untuk Dikunjungi

tempat-wisata-di-jepara

Tempat wisata di Jepara dan Sekitarnya – Jepara merupakan salah satu Kota Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota Jepara terkenal sebagai kota kelahiran kelahiran R.A Kartini, yang merupakan tokoh wanita atau pahlawan nasional yang memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia. Selain itu, Jepara juga terkenal dengan ukiran kayunya yang sudah sangat terkenal ke berbagai penjuru dunia.

Jika di lihat secara Geografis, Jepara letak wilayahnya berbatasan langsung dengan laut Jawa sebelah Barat dan Utara, serta Kabupaten Kudus dan Kabupaten Pati di sebelah Timur. Sebagai daerah yang letaknya strategis, Kota ini memiliki potensi wisata yang besar. Sehingga cukup wajar jika ada banyak tempat wisata di Jepara terutama wisata pantainya, yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Nah, apa saja obyek wisatanya? Simak informasinya di bawah ini.

Tempat Wisata di Jepara, Jawa Tengah

Karimun Jawa

tempat wisata di jepara

Berbagai tempat wisata di Jepara yang indah dan menarik untuk dikunjungi salah satunya adalah Karimun Jawa. Taman nasional yang terletak di 83 km sebelah barat laut Jepara ini, menjadi tempat wisata di Jepara yang paling populer dan sering dijadikan tujuan utama para wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

Hal ini disebabkan terdapatnya wisata laut yang mengagumkan, mulai dari pantainya yang cantik hingga cagar alamnya yang begitu indah. Untuk menuju Taman nasional yang dulunya dianggap kepulauan ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau ikut paket tur yang tersedia di berbagai agen perjalanan.

Pulau Panjang

tempat wisata di jepara

Selanjutnya tempat wisata di Jepara yang haru anda datangi adalah Pulau Panjang. Wisata pulau ini menawarkan keindahan laut yang dangkal di sekeliling pulau, terumbu karang, dan pasir putih yang lembut. Dipadukan dengan air lautnya yang jernih membuat tempat ini sangat untuk melakukan kegiatan seperti Snorkeling, Berenang, dan Kano. Wisata Pulau Panjang berjarak sekitar 2,5 km jika ditempuh dari dermaga Pantai Kartini.

Pantai Kartini

tempat wisata di jepara

Pantai Kartini adalah sebuah tempat wisata di Jepara yang sangat terkenal dan kerap dijadikan tempat wisata favorit keluarga. Selain dapat menikmati pemandangan pantai yang eksotis, disini juga ada banyak wahana permainan seperti perahu arus, aquarium kura-kura, mandi bola, dan berbagai keseruan lainnya. Untuk menikmati wisata pantai yang terletak di antara Karimun Jawa dan Pantai Panjang ini, anda cuku membayar Rp. 3.000 saja per orang.

Pantai Bandengan

tempat wisata di jepara

Selain Pantai Kartini, tempat wisata di Jepara yang menyajikan keindahan pantai juga bisa anda temui di wisata Pantai Bandengan atau bisa juga disebut Pantai Tirto Samudro. Wisata pantai ini sangat terkenal Kota Jepara, sehingga tak heran jika tempat ini sering didatangi para wisatawan dari berbagai daerah. Di tempat ini sering digunakan untuk festival layang-layang tingkat Nasional dan Internasional.

Benteng Portugis

tempat wisata di jepara

 

Benteng Portugis Merupakan sebuah cagar budaya yang dilindungi sampai saat ini, dan termasuk tempat wisata di Jepara yang tepat untuk mengisi hari liburan. Wisata Benteng Portugis yang terletak di bukit batu dan tepat di pinggir pantai laut ini, menyuguhkan pemandangan bukit dan batu sedimen yang unik serta pemandangan laut lepas yang terlihat begitu mempesona.

Air Terjun Songgolangit

tempat wisata di jepara

Keindahan alam yang dimiliki Kota Jepara memang layak untuk di acungkan jempol, seperti halnya wisata Air Terjun Songgolangit yang satu ini. Hadir sebagai salah satu tempat wisata di Jepara yang menarik perhatian wisatawan.

Tempat ini menawarkan pemandangan air terjun dan alam hijau di sekitarnya yang terlihat begitu indah dan menakjubkan. Nama Songgolangit sendiri memiliki arti yaitu menyanggah langit, karena jika dilihat dari bawah air terjun tersebut seakan terlihat sedang menyanggah langit.

Tempat Wisata di Jepara Lainnya;

  • Museum R.A Kartini
  • Pantai Teluk Awur
  • Pulau Mandalika
  • Pantai Ombak Mati
  • Wisata Sejarah Candi Bubrah

Berbicara mengenai tempat wisata di Jepara seakan tidak ada habisnya, karena banyaknya tempat-tempat menarik yang layak untuk disambangi. Namun itulah beberapa deretan tempat wisata di Jepara yang paling terkenal dan tidak bisa dilewatkan ketika berada di Kota tersebut, semoga bermanfaat dan selamat menikmati liburan anda.

Baca juga; Tempat wisata di Blitar dan tempat wisata di Gresik, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *