Inilah Tempat Wisata di Gresik Yang Wajib Disinggahi

tempat-wisata-di-gresik

Tempat Wisata di Gresik dan Sekitarnya – Gresik adalah sebuah kota Kabupaten yang berada di bagian utara pulau Jawa, dan letaknya sangat dekat dengan Kota Surabaya. Sebagai salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur, Gresik terkenal sebagai Kota Industri. Seperti yang sudah kita ketahui di Kota tersebut berdiri sebuah pabrik semen pertama, dan sekaligus perusahaan semen terbesar di negara Indonesia.

Selain terkenal sebagai Kota industri, Gresik juga mempunyai potensi alam yang sangat luar biasa indahnya. Sehingga tak heran jika berbagai tempat wisata di Gresik pun juga layak untuk disinggahi. Berbicara mengenai obyek wisata memang sangat menarik untuk kita bahas, dan berikut ini beberapa tempat wisata di Gresik yang wajib disinggahi ketika berada di kota tersebut.

Tempat Wisata di Gresik dan Sekitarnya

Pulau Bawean

tempat wisata di gresik

Dari banyaknya tempat wisata di Gresik yang terkenal dan sering dikunjungi para wisatawan salah satunya adalah Pulau Bawean. Meskipun lokasinya yang cukup jauh yaitu sekitar 120 m dari pusat Kota Gresik. Wisata ini tetap menjadi tujuan para pelancong untuk berakhir pekan atau pun menghabiskan masa liburan. Hal ini terbilang cukup wajar, karena Pulau Bawean menyajikan keindahan pasir putih dan air laut yang sangat bersih dibanding dengan laut yang ada di pesisir utara pulau Jawa.

Pantai Delegan

tempat wisata di gresik

Selain di Pulau Bawean, Keindahan pasir putih yang lembut dan air yang cukup tenang dapat anda temui di Pantai Delegan. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Gresik yang kerap dijadikan sebagai tempat rekreasi favorit keluarga. Berbagai fasilitas pun sudah tersedia sehingga banyak hal yang bisa anda lakukan di tempat ini seperti berenang, voli pantai, ataupun keseruan lainnya.

Air Terjun Laccar

tempat wisata di gresik

Tempat wisata di Gresik selanjutnya yang wajib disinggahi adalah Air Terjun Laccar. Wisata alam ini terletak di Desa Teluk Dalam, Kecamatan Sangkapura. Air terjun Laccar mempunyai ketinggian kurang lebih 20 m, yang dipadukan dengan pemandangan alam dan tebing yang sungguh menakjubkan. Wisata ini sangat terkenal dengan keasriannya, sehingga setiap pengunjung yang datang diharapkan bisa menjaga kelestarian alamnya.

Gunung Kapur Sekapuk

tempat wisata di gresik

Gunung Kapur Sekapuk ini dulunya adalah sebuah tempat bekas penambangan, namun seiring berjalannya waktu Gunung Kapur Sekapuk menjadi salah satu tempat wisata di Gresik yang cukup populer. Wisata ini menyuguhkan keindahan perbukitan kapur dan beberapa Gua bekas penambangan. Pengunjung juga bisa melihat beberapa pilar kapur yang berdiri megah dan sangat bagus dijadikan lokasi berfoto.

Wisata Bukit Jamur

tempat wisata di gresik

Berlokasi di Kecamatan Bunga, Wisata Bukit Jamur menjadi tempat wisata di Gresik yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Karena jika kalian berkunjung ke tempat ini, maka kalian akan melihat Gundukan-gundukan tanah yang berbentuk seperti jamur raksasa, dan mirip dengan rumah para kurcaci.

Gua Gelang Agung

tempat wisata di gresik

Satu lagi tempat wisata di Gresik yang menarik untuk disinggahi yaitu Gua Galang Agung. Wisata Gua yang berada di Desa Malirang, Kecamatan Bunga ini, mempunyai keunikan tersendiri yaitu bentuk Gua-nya menyerupai sebuah gelang raksasa. Maka dari situlah tempat ini dinamakan Gua Gelang Agung, dengan panjang Gua sekitar 4 km dan stalaktit di dalam Gua juga terlihat sangat mewah sekali.

Tempat Wisata di Gresik Lainnya;

  • Telaga Ngipik
  • Sendang Banyu Biru Lowayu
  • Kota Lama Gresik
  • Makam Sunan Gresik

Berbicara tentang obyek wisata yang ada di kota Gresik memang tidak ada habisnya. Namun itulah beberapa tempat wisata di Gresik yang terkenal dan menarik untuk didatangi. Jangan lupa ketahui juga tempat-tempat wisata lainnya yang ada di Provinsi Jawa Timur seperti, Tempat Wisata di Jember dan Tempat Wisata di Kediri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *