Thu. Nov 1st, 2018
tempat-wisata-di-banjarmasin

Tempat Wisata Di Banjarmasin Kalimantan Selatan

Tempat Wisata di Banjarmasin – Banjarmasin adalah sebuah Ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan yang mempunyai julukan Kota Seribu Sungai. Hal ini dikarenakan Kota tersebut memiliki banyak sungai yang seakan membelah kota Banjarmasin. Beberapa sungai diantaranya adalah sungai Sipandai, Martapura, Barito dan sebagainya.

Oleh karena banyaknya sungai yang ada di Kota tersebut, hal ini membuat sungai di Banjarmasin sebagai salah satu hal terpenting bagi kehidupan masyarakatnya. Sungai-sungai tersebut dimanfaatkan sebagai pasar tradisional, Sehingga membuat Kota Banjarmasin terkenal dengan pasar tradisionalnya yang mengapung diatas air atau biasa disebut Pasar Terapung.

Selain terkenal dengan Sungai dan Pasar Terapungnya, Banjarmasin juga mempunyai berbagai obyek wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Nah, apa saja tempat wisata di Banjarmasin yang menarik? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tempat Wisata di Banjarmasin dan Sekitarnya

Pasar Terapung

Jalan-jalan ke Kota Banjarmasin rasanya kurang lengkap jika belum berkunjung ke Pasar Terapung yang sudah menjadi ciri khas kota tersebut. Selain berfungsi sebagai tempat proses jual beli, Pasar ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang kerap dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah. Banyaknya terdapat Pasar Terapung di kota ini, salah satu yang paling terkenal adalah Pasar Terapung yang ada di Sungai Barito, yang terletak di Kelurahan Kuin Utara, Banjarmasin.

Taman Maskot

Taman Maskot adalah sebuah taman yang menjadi salah satu tempat wisata di Banjarmasin, yang cocok dijadikan sebagai wisata favorit keluarga. Karena di taman yang terdapat 2 Maskot Kota Banjarmasin yakni Bekantan dan Pohon Kasturi ini, sudah dilengkapi dengan fasilitas area bermain, bangku taman, warung makan, mushola, toilet dan parkiran. Sehingga pengunjung pun merasa nyaman saat berada di tempat ini.

Museum Wasaka

Museum Wasaka merupakan singkatan dari Waja Sampai Keputing, yang dimana kata-kata tersebut adalah moto perjuangan rakyat kalimantan Selatan. Sebagai salah satu tempat wisata di Banjarmasin yang terletak di Jl. H. Andir, Desa Kenang Ulu, Museum ini menyimpan berbagai koleksi sejarah seperti seragam perjuangan, mesin ketik, foto, dan berbagai senjata yang digunakan untuk melawan penjajah yang salah satunya adalah keris.

Taman Siring Sungai Martapura

Selanjutnya tempat wisata di Banjarmasin tidak bisa dilewatkan yaitu Taman Siring Sungai Martapura, yang berlokasi di jl. Kapten Tendean dan Jl. Jendral Sudirman. Taman yang berada di tepi sungai ini, sering ramai didatangi para pelancong baik yang hanya sekedar bersantai menikmati indahnya pemandangan atau pun melakukan berbagai aktivitas seperti memancing, bersepeda, dan lain-lain.

Pulau Kembang

Tempat wisata di Banjarmasin berikutnya yang menarik untuk disambangi yaitu Pulau Kembang. Pulau ini terletak di tengah-tengah Sungai Barito, yang merupakan habitat para monyet dan beberapa jenis burung. Bahkan menurut informasi dari dari warga sekitar, bahwa di pulau ini terdapat seekor monyet berukuran besar yang merupakan raja monyet.

Tempat Wisata di Banjarmasin Lainnya;

  • Masjid Sultan Suriansyah
  • Pasar Intan Martapura
  • Pantai Jodoh
  • Pusat Kuliner Tepian Sungai Martapura

Demikianlah beberapa ulasan singkat tentang tempat wisata di Banjarmasin dan sekitarnya yang cukup menarik sekali untuk dikunjungi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa lihat juga tempat wisata di Kalimantan Utara memikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *