Tempat Wisata Di Bangka Belitung yang Wajib Didatangi

tempat-wisata-di-bangka-belitung

Tempat Wisata di Bangka Belitung – Kepulauan Bangka Belitung merupakan salah satu provinsi di Indonesia, yang terdiri dari 2 kepulauan utama yakni pulau Bangka dan Pulau Belitung. Provinsi yang terletak sebelah timur pulau Sumatera ini, sangat terkenal sebagai wilayah penghasil timah dan banyak memiliki obyek wisata. Salah satunya yaitu wisata pantai yang indahnya nggak kalah dengan pantai yang ada di Bali dan Lombok.

Tak hanya wisata pantai, Kepulauan Bangka Belitung juga masih mempunyai berbagai macan obyek wisata lain yang menari untuk dikunjungi. Nah, apa saja obyek wisatanya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tempat Wisata di Bangka Belitung Paling Memikat

Pantai Parai Tenggiri

tempat wisata di bangka belitung

Berbagai tempat wisata di Bangka belitung yang indah dan sangat menarik sekali untuk di kunjungi, salah satunya adalah pantai parai tenggiri. Pantai yang berjarak sekitar 40 km dari pusat ibukota (Pangkalpinang) ini, termasuk pantai terindah yang kerap menjadi tujuan utama para wisatawan. Dengan ombaknya yang lembut dan permukaan pasir yang melandai. Pantai parai tenggiri telah menyajikan panorama yang mempesona dengan hamparan batu garnit menawan.

Gunung Menumbing

tempat wisata di bangka belitung

Gunung Menumbing termasuk tempat wisata di Bangka Belitung yang cukup populer, dan menarik untuk di sambangi. Wisata ini berlokasi di daerah Mentok sebelah barat laut bangka. Dengan ketinggian sekitar 355 meter, Gunung tersebut juga termasuk tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta oleh Belanda tepat pada tahun 1948-1949 di kepulauan Bangka.

Pulau Memperak

tempat wisata di bangka belitung

Pulau Memperak merupakan keindahan tempat wisata di Bangka Belitung yang jarang diketahui oleh banyak wisatawan. Sehingga keindahan di pulau yang masih asri ini sangat mempesona. Terletak di Kabupaten Belitung timur, wisata pulau ini kerap dijadikan surga bagi para snorkeling, karena keindahan bawah lautnya mampu memikat hati.

Museum Timah Pangkalpinang

tempat wisata di bangka belitung

Museum Timah Pangkalpinang adalah satu-satunya museum timah yang ada di dunia. Sebagai salah satu tempat wisata di bangka belitung, Museum yang terletak di jalan tengah kota Pangkalpinang ini menjadi salah ikon kota yang wajib untuk dikunjungi. Selain karena keberadaannya sangat mudah di jangkau, anda juga bisa belajar sejarah tentang timah di pangkalpinang.

Wisma Ragam Mentok

tempat wisata di bangka belitung

Tempat wisata di Bangka Belitung selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan bagi para pelancong adalah Wisma Ragam Mentok. Bangunan kuno dengan gaya eropa yang terletak di daerah Sungai Daeng ini, merupakan sebuah obyek wisata sejarah yang kerap dipadati para pelancong.

Pulau Batu Berlayar

tempat wisata di bangka belitung

Sebuah pulau yang dipenuhi dengan batu-batu garnit yang berukuran besar, menjadi daya tari tersendiri bagi Pulau Batu Berlayar ini. Tempat wisata di Bangka belitung yang satu ini, letaknya berdekatan dengan pulau Lengkuas dan Pulau Babi yang sangat cocok untuk menyelam atau Snorkeling. Karena beragam ikan dan terumbu karang yang berada di sekitar pulau tersebut terlihat sangat indah.

Tempat Wisata di Bangka Belitung Lainnya;

  • Pantai Tanjung Tinggi
  • Pantai Pasir Padi
  • Pulau Lengkuas
  • Perkampungan Cina Tradisional Simpang Gedong

Berbicara tentang keindahan di Kepulauan Bangka Belitung memang tidak ada habisnya. Namun itulah deretan informasi tentang tempat wisata di Bangka Belitung yang indah dan kerap dikunjungi para wisatawan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah daftar destinasi liburan anda bersama keluarga, teman dan orang tercinta. Baca Juga; Tempat wisata di Semarang yang menarik untuk disinggahi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *