Sun. Dec 2nd, 2018
tempat-wisata-di-aceh

Tempat Wisata di Aceh Yang Harus Didatangi

Tempat Wisata Di Aceh – Nanggroe Aceh Darussalam atau biasa di kenal Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di ujung pulau Sumatera, dengan ibu kota Banda Aceh. Provinsi Aceh mempunyai banyak sekali potensi yang sangat luar biasa, baik dari potensi alamnya maupun budaya.

Meskipun Kota ini pernah mengalami kerusakan akibat tsunami tahun 2014, namun Aceh bangkit kembali untuk menata sektor pariwisatanya dengan sangat baik. Berbicara mengenai pariwisata, berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Aceh yang indah dan sangat menarik untuk di datangi.

Tempat Wisata di Aceh

Pantai Lampuuk

Pantai Lampuuk merupakan salah satu tempat wisata di Aceh yang paling terkenal, dan wajib untuk anda kunjungi. Sebab pantai yang sering disebut sebagai Pantai Kuta di Aceh ini, menyajikan keindahan pantai yang sangat luar biasa. Didukung dengan garis pantai yang panjangnya mencapai 5 km serta pasirnya yang putih dan lembut. Selain itu pengunjung juga dapat melakukan banyak hal yang menarik seperti berselancar, berenang, atau bermain banana boat. Bahkan yang lebih menariknya lagi, di pantai ini anda juga dapat melihat upaya pelestarian penyu.

Museum Tsunami

Mengingat peristiwa tsunami yang merupakan bencana alam terdahsyat di kota ini pada tahun 2014 lalu. Maka di dirikanlah Museum Tsunami yang saat ini menjadi tempat wisata di aceh yang cukup populer dan wajib untuk dikunjungi. Museum ini berlokasi di Jl. Sultan Iskandar Muda No. 3, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman

Tempat wisata di Aceh selanjutnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Masjid Raya Baiturrahman. Masjid ini sudah berdiri sejak tahun 1612 dan dibangun oleh Sultan Aceh yaitu Sultan Iskandar Muda. Kini menjadi wisata religi yang sangat sayang jika dilewatkan. Karena Masjid ini merupakan salah satu tempat atau bangunan yang digunakan masyarakat untuk berlindung ketika kota ini terkena bencana tsunami tahun 2014 lalu.

Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang Kolam merupakan sebuah wisata alam air terjun yang kerap didatangi oleh para wisatawan dari berbagai daerah. Wisata ini berlokasi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Aceh Utara, yang kurang lebih memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat perkotaan Aceh. Air Terjun Blang Kolam wajib anda kunjungi, karena tempat ini memberikan pemandangan alam yang masih asri dan terjaga dengan baik. Berlibur ke tempat wisata di Aceh yang satu ini, dijamin akan membuat pengalaman masa liburan anda yang tak terlupakan.

Pulau Rubiah

Berikutnya tempat wisata di Aceh yang menarik untuk di datangi adalah pulau Rubiah, yang dimana pulau tersebut terletak di sabang, tepatnya sebelah barat pulau Weh. Pulau yang namanya diambil dari tulisan yang ada di sebuah nisan yang ada di pulau tersebut, menawarkan keindahan alam bawah lautnya yang sangat luar biasa.

Danau Laut Tawar

Danau laut tawar ialah sebuah tempat wisata di Aceh yang terletak di dataran tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. Dengan luas yang kurang lebih mencapai 5.472 hektar dan panjangnya sekitar 3.219 km, Danau ini menjadi destinasi wisata yang wajib untuk di sambangi. Untuk dapat melihat luas dan keindahan danau tersebut, pengunjung dapat meyaksikanya dari dataran tinggi gayo.

Rumah Cut Nyak Dien

Rumah Cut Nyak Dien menjadi salah satu tempat wisata di Aceh, yang kerap dijadikan destinasi wisata sejarah yang menarik untuk di datangi. Karena tempat ini memperkenalkan sosok pawlawan yang sangat berpengaruh penting terhadap kemerdekaan bangsa, sehingga tempat ini cocok dijadikan salah satu tempat wisata favorit keluarga.

Tempat-Tempat Wisata di Aceh Lainnya;

  • Air Terjun Suhom
  • Pulau Batee
  • Kuala Merisi
  • Pantai Lhoknge dan Pantai Ulee Lheue

Sebagai wilayah yang terletak di Ujung pulau Sumatera, tak heran jika Aceh memiliki banyak obyek wisata alam atau wisata air yang mempesona. Meskipun masih banyak lagi wisata yang indah dan menawan di kota ini. Namun itulah beberapa tempat wisata di Aceh yang paling terkenal dan kerap dikunjungi para wisatawan dari berbagai daerah.

Baca juga;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *