Wed. Oct 31st, 2018
Tanaman-Obat-di-daerah-tropis

Tanaman Obat Keluarga (Toga) yang Hidup di Daerah Tropis

Indonesia termasuk negara yang berada di daerah tropis. Banyak sekali jenis tanaman yang dapat hidup di wilayah ini. Terdapat sekitar 940 jenis tanaman yang tumbuh merupakan jenis tanaman yang dapat dibudidayakan sebagai tanaman obat herbal.

Tanaman obat keluarga (Toga) merupakan tanaman yang mempunyai manfaat sebagai obat-obatan herbal tradisional yang terbukti efektif untuk menyembuhkan penyakit dan tidak menimbulkan efek samping.

Beberapa tanaman obat herbal yang hidup di daerah tropis

Tanaman obat yang hidup di daerah tropis dan dapat dibudidayakan sebagai obat herbal, diantaranya:

Daun Dewa

Daun dewa digunakan untuk melancarkan sirkulasi darah, mengobati luka memar, menurunkan tekanan darah tinggi, menghentikan pendarahan, pereda rasa nyeri, penurun panas, kencing manis, obat pembersih racun dalam tubuh, mengobati muntah darah dan payudara bengkak.

Penyajian pengobatan dengan daun dewa bisa dengan daun segar secara langsung ataupun dalam bentuk ekstrak. Air rebusan daun dewa dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Kita dapat meminum air rebusan tersebut dua kali sehari.

Untuk pengobatan luka memar, haluskan daun dewa dengan umbi daun dewa dan daun jarak, dan tempelkan pada daerah yang memar.

Seledri

Selain sebagai penambah aroma masakan, daun seledri juga dapat digunakan sebagai tanaman obat. Seledri mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, zat besi serta rendah kalori. Manfaat daun seledri untuk menjaga kecantikan wajah, dan mencegah kerutan pada wajah.

Bila digunakan sebagai masker, caranya beberapa daun seledri di iris kecil-kecil, irisan dimasukkan ke dalam air mendidih. Biarkan selama 15 menit sampai harum, kemudian daun seledri dan air daunnya disimpan di lemari es. Gunakan air daun seledri pada malam hari sebagai masker.

Di sisi lain, daun seledri dapat mengobati tekanan darah tinggi, mencegah pembentukan batu di kantung empedu, menenangkan sistem saraf, mengembalikan nafsu makan, serta menghindari dari kanker perut.

Belimbing Wuluh

Beberapa manfaat belimbing wuluh yaitu mengatasi sariawan, mencegah hipertensi, mengatasi jerawat, mengobati panu, diabetes, sakit gigi, batuk, melegakan nafas dan dahak.

Daun Kelor

Seperti yang kita ketahui, Daun kelor sangat baik dikonsumsi bayi dan anak-anak karena sangat baik untuk proses pertumbuhan. Daun kelor dapat menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.

Tanaman atau Daun kelor dapat digunakan untuk pengobatan panas dalam dan demam, meningkatkan ketahanan alamiah tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan serum kolesterol alamiah, meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memudahkan pencernaan, serta memelihara sistem imunitas tubuh.

Kangkung

Tamanan Kangkung memiliki manfaat dan khasiat untuk kesehatan kita. Kandungan yang terdapat dalam tanaman kangkung yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, fosfor dan zat besi.

Vitamin C dalam kandungan kangkung untuk mencegah sariawan dan gusi berdarah. Zat besi dalam kangkung bisa mengobati insomnia karena dapat memicu kantuk. Bagi ibu hamil yang mengkonsumsi sayuran akan meningkatkan kualitas otak janin karena kandungan Omega 3 nya.

Ada banyak sekali tanaman obat yang tumbuh di daerah kita, juga dapat kita budayakan di lingkungan rumah kita. Untuk itu mulai sekarang, budayakanlah tanaman yang dapat kita manfaatkan sebagai tanaman obat alami dan berkhasiat tinggi. Lihat Juga, 3 Minuman Tradisional Kesehatan Asli Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *