Fri. Nov 2nd, 2018
Ini-Takaran-Konsumsi-Kafein-Dalam-Sehari-Yang-Aman

Jangan Berlebihan! Ini Takaran Konsumsi Kafein Yang Aman

Jurnal Kesehatan – Takaran Konsumsi Kafein

Ketika ada waktu luang disela-sela jam kerja, memang paling nikmat bila menikmati secangkir kopi ataupun teh. Tapi terkadang orang lupa dengan takaran konsumsi kafein yang aman dalam sehari, karena dalam mengkonsumsi kafein juga tidak boleh terlalu banyak.

Kita semua tahu bahwa kandungan kafein paling sering ditemukan pada minuman kopi dan teh. Tapi kegemaran meminum kopi atau teh sering membuat kita lupa, sudah berapa banyak kandungan kafein yang masuk ke dalam tubuh kita.

Takaran Konsumsi Kafein Yang Aman Dalam Sehari

source: hellosehat

Mengkonsumsi apa saja dalam jumlah berlebihan memang tidak baik untuk kesehatan, begitu juga jika mengkonsumsi kafein melebihi takaran. Oleh karena itu, kita harus mengetahui, berapa jumlah takaran mengkonsumsi kafein yang aman untuk kesehatan.

Para ilmuwan sudah melakukan lebih dari 740 penelitian terkait dampak buruk kafein bagi tubuh manusia. Mereka menemukan bahwasanya, mengkonsumsi 400mg kafein atau setara dengan 4 cangkir dalam sehari, tidak akan mengganggu kesehatan.

Sementara bagi wanita yang sedang hamil, batas aman mengkonsumsi kafein adalah 300mg atau setara dengan 3 cangkir dalam satu hari.

Direktur eksekutif International Life Sciences Institute, Dr. Eric Hentges mengatakan, hal ini membuktikan tentang dampak dari konsumsi kafein bagi kesehatan tubuh manusia.

Dilansir dari Dailymail pada hari selasa 24 April 2017, Dr. Eric mengatakan “kami menyimpulkan bahwa kadar asupan kafein yang aman adalah 400mg per hari”.

Dampak Negatif Terlalu Banyak Konsumsi Kafein

Badan Keamanan Pangan Eropa sudah memberi peringatan, kepada mereka yang melebihi batas aman dalam mengkonsumsi kafein. Bahwa berlebihan dalam mengkonsumsi kafein dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan.

Adapun gangguan kesehatan yang dipicu oleh kelebihan dosis kafein antara lain, kegelisahan dan bahkan berpotensi terjadinya gagal jantung. Sementara untuk wanita yang tengah hamil, dapat beresiko melahirkan anak dengan berat badan di bawah normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *