Mengatur Pola Makan Untuk Kesehatan Anak

Kesehatan-Anak

Menerapkan dan mengatur pola makan sehat sangatlah penting bagi kesehatan anak. Anak yang berada pada masa pertumbuhan dan perkembangan membutuhkan banyak asupan nutrisi atau zat gizi sehingga membantu pertumbuhannya.

Kekurangan zat gizi pada anak tentunya akan menimbulkan permasalahan pada tumbuh kembangnya. Pola makan yang teratur dengan memberikan makanan bergizi diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan anak sesuai dengan usianya.

Tips pola makan sehat untuk anak

Berikut ini yang bisa dilakukan untuk mengatur pola makan sehat bagi anak dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan kesehatan anak.

Memberikan makanan bersumber nabati (Tumbuhan)

Kesehatan Anak

Bahan makanan nabati mengandung karbohidrat, serat, vitamin larut air, mineral dan antioksidan. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan akan meningkatkan kekebalan tubuh bagi anak sehingga membantu menurunkan radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi 2-4 porsi buah-buahan dan 3-5 porsi sayuran per hari akan membuat kebutuhan gizi anak terpenuhi.

Berikan anak makanan yang berserat

Makanan yang berserat terdapat pada buah dan sayuran. Dengan mengonsumsi makanan berserat akan mencegah terjadinya obesitas dan kanker. Manfaat lain dari makanan berserat yaitu mencegah terjadinya sembelit pada saat buang air besar. Serat menjadikan kesehatan usus lebih baik sehingga buang air besar akan lancar setiap harinya.

Kurangi penggunaan lemak jenuh

Kesehatan Anak

Produk hewani seperti daging dan keju mengandung lemak jenuh. Lemak jenuh akan menimbulkan resiko jantung koroner. Lemak jenuh bisa digantikan dengan bahan makanan yang mengandung minyak nabati, seperti minyak zaitun dan minyak konola agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik.

Berikan variasi makanan

Memberikan variasi makanan dapat memenuhi seluruh kebutuhan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh si kecil. Usahakan anak mengonsumsi bermacam-macam jenis buah dan sayur sehingga tubuh mendapatkan asupan nutrisi dari sumber yang lengkap.

Sudah sangat jelas bahwa mengatur pola makan akan meningkatkan kesehatan anak. Untuk itu, kita sebagai orang tua dianjurkan mengatur pola makan pada anak dengan baik. Misalnya dengan cara memberikan makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Jangan lupa baca juga, Tips menjaga kesehatan mata secara alami dan Manfaat Buah kelapa bagi kesehatan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *