3 Pokok Masalah Kesehatan Yang Ada di Dunia

problem-kesehatan

Masalah kesehatan bukanlah masalah yang dihadapi satu negara saja, namun menjadi masalah yang dihadapi dunia. Setiap tahunnya, Badan Kesehatan Dunia atau WHO mencatat perkembangan kesehatan terhadap manusia. Setidaknya ada tiga gangguan kesehatan menjadi prioritas WHO untuk diatasi. Berikut tiga masalah tersebut.

Inilah 3 Masalah Kesehatan yang Sering Terjadi di Dunia

Masalah 1: Depresi

Masalah Kesehatan

Depresi menjadi isu utama yang bahkan diangkat menjadi tema di Hari Kesehatan Dunia tahun 2017. Mengapa depresi begitu penting untuk diperhatikan? Hal ini tidak lain karena lebih dari 300 juta orang didunia mengidap depresi. Hanya 10% dari pengidap depresi yang mendapatkan terapi pengobatan.

Meski depresi bukanlah tipe penyakit secara medis, namun gangguan kesehatan mental ini sangat mengerikan. Tercatat bahwa hampir 800.000 orang bunuh diri karena depresi. Kondisi ini tentu sangat memprihatinkan.

Depresi disebabkan oleh beberapa hal. Beberapa diantaranya adalah gangguan pada otak, pengalaman buruk atau negatif, penyakit maupun tekanan batin. Gangguan ini tidak hanya terjadi dalam satu hari atau dua hari, namun bisa berminggu-minggu. Jika berkepanjangan, depresi bisa memicu bunuh diri.

Masalah 2: HIV/AIDS

masalah kesehatan

HIV/AID masih menjadi masalah kesehatan yang menakutkan. Bagaimana tidak, tercatat setiap harinya sebanyak 7500 orang diseluruh dunia terinfeksi HIV. Menyedihkannya lagi, orang yang terinfeksi berumur rata-rata dibawah 25 tahun.

Meski setiap tahunnya milliaran dollar Amerika digelontorkan untuk mengatasi HIV/AIDS diseluruh dunia, namun ternyata hal itu belum mampu menuntaskan masalah. Untuk negara-negara yang telah berhasil mengurangi angka HIV/AIDS, WHO merekomendasikan untuk melanjutkan program penanggulangan.

Masalah 3: Penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol

masalah kesehatan

Penyalahgunaan obat-obatan terlarang serta alcohol menjadi isu kesehatan yang digaris bawahi oleh WHO. Bahkan upaya pencegahan untuk masalah ini telah disahkan menjadi salah satu target di agenda global.

Tercatat bahwa pelaku penyalahgunaan obat-obatan ini lebih banyak terjadi pada kalangan anak muda. Jika tidak ada upaya dalam skala global, maka generasi muda akan menjadi generasi yang rusak.

Ketiga masalah tersebut penting diketahui oleh kita, meski hanya sebagai masyarakat umum agar lebih hati-hati. Penting juga bagi kita untuk berpartisipasi dalam mengatasi masalah kesehatan global dengan cara sendiri, seperti gaya hidup sehat.

Baca Juga ;

Pengertian dan Tujuan Kesehatan Kerja

Peraturan Mengenai Undang-Undang Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *