Tue. Oct 16th, 2018

Keberuntungan Angka 1 Pilkada di Jawa!

Matajurnal Entah kebetulan atau tidak, angka satu membawa keberuntungan di semua Pilkada tingkat provinsi di Pulau Jawa. Semua pasangan calon nomor urut satu di tiga pilkada Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur unggul dalam perhitungan cepat.

Bukan tanpa alasan semua mata tertuju ke pilkada tiga daerah tersebut. Sebab bila Jawa Tengah dipegang, maka kemenangan nasional bakal diperoleh. Hal ini dikarenakan pulau Jawa menjadi lumbung suara nasional.

Fakta Pilkada Serentak

Seperti yang kita ketahui, pasangan bernomor urut 1 pertama yakni mantan Walikota Bandung Ridwan Kamil maju bersama Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum. Hasil hitung cepat pasangan “Rindu” ini mengantongi 32,54% suara versi Litbang Kompas dan 33,65% versi LSI.

“Kepada pendukung saya, saya melarang euforia berlebihan. Hari ini tidak ada pawai, hari ini kita menerima berita baik yang disampaikan oleh quick count tetapi belum resmi,” ujar Ridwan Kamil saat menyampaikan pidato kemenangannya di Kota Bandung, Rabu, 28 Juni 2018.

Bergeser ke Jawa Tengah, pasangan no urut satu yakni petahana Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpeluang masuk ke periode kedua bersama Taj Yasin Maimoen. Dengan memperoleh 59,52% suara, mengungguli lawannya Said-Ida Fauziah.

Tidak mau ketinggalan di Jawa Timur, cagub Khofifah mengakhiri rasa penasarannya untuk menjadi orang nomor satu di Jawa Timur bersama Emil Dardak. Pasangan nomor satu ini berhasil unggul dengan meraih 54,24% suara dalam hasil hitung cepat.

Menurut direktur LSI Network Adjie Alfaraby, salah satu kunci kemenangan Khofifah adalah mampu mengambil suara nasional di basis-basis suara. Emil Dardak mampu mengangkat suara untuk Khofifah di kantong suara nasional dibandingkan Putri Guntur Soekarno.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *