Penyebab Varises Yang Jarang di Ketahui Dan Sepele!

penyebab varises

Matajurnal – Penyebab varises, jangan sepelekan urat-urat yang tampak menonjol di kaki dan tangan anda. Pasalnya, bisa jadi itu adalah varises. Menurut istilah medis, varises adalah pembuluh darah vena pada bagian tubuh manusia.

Fungsi dari pembuluh darah vena adalah untuk mengembalikan darah yang berasal dari sisa metabolisme tubuh ke Jantung.

Varises mengakibatkan pembuluh darah menjadi tersumbat di betis atau belakang lutut hingga paha. Bahkan Varises juga dapat terjadi di bagian lengan. Varises juga menyebabkan proses aliran darah ke seluruh tubuh menjadi tersumbat atau terganggu.

penyebab varises

Penyebab Varises Pada Tubuh Kita

Seperti yang kita ketahui, varises menyerang kita bukan tanpa sebab atau datang secara tiba-tiba. Mari kita bahas dan kenali beberapa hal yang menjadi penyebab varises:

Kehamilan

Saat kandungan mulai membesar, badan dan tekanan saluran vena pun semakin meningkat. Disamping itu, perubahan hormon pada tubuh wanita hamil juga menyebabkan otot vena jadi lebih rileks. Hal ini tentu mengakibatkan katup perlindungan jadi melemah dan kondisi inilah memicu timbulnya varises.

penyebab varises

Usia atau Umur

Tidak hanya tubuh yang akan menjadi lemah saat usia semakin bertambah tua, tetapi juga vena akan kehilangan keelastisitasannya. Kondisi ini membuat darah yang seharusnya ke Jantung menjadi kembali menyebar keseluruh tubuh. Hal ini juga menjadi penyebab varises di paha atau di tangan.

penyebab varises

Obesitas

Semakin berat bobot tubuh anda, maka semakin besar tekanan yang terjadi pada vena di kaki anda. Tentu saja ini akan membuat saluran vena kesulitan ketika harus mengalirkan darah ke jantung. Tekanan besar yang terjadi pada vena ini membuat aliran darah menjadi melawan arus.

penyebab varises

Kebiasaan Berdiri Dalam Waktu Lama

Seseorang dengan pekerjaan yang lebih lama berdiri, seperti pelayan, kasir, SPG dan sebagainya akan lebih rentan mengalami varises. Kebiasaan ini tentu mempengaruhi beban yang harusnya ditanggung oleh vena di kaki. Nah, kebiasaan ini juga memicu timbulnya varises di tumit, betis dan paha.

penyebab varises

Keturunan

Jika diabetes dapat diturunkan, maka varisespun juga dapat diturunkan dari kakek-nenek atau orang tua. Bila salah satu anggota keluarga anda memiliki varises, maka anda juga berisiko mengalami penyakit yang sama.Akan tetapi hal ini masih dalam penelitian lebih lanjut.

Inilah beberapa penyebab varises yang terjadi pada tubuh anda yang mungkin belum diketahui. Bagi anda yang mengalami beberapa masalah berikut, sebaiknya lakukan perubahan pola hidup dan berkonsultasi dengan dokter terkait untuk penyembuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *