Penyebab Tulang Keropos Dan Cara Mencegahnya!

Penyebab tulang keropos – Apa yang ada ketahui tentang tulang keropos, menurut Kementerian Kesehatan RI, meskipun tulang keropos berisiko lebih banyak pada usia 50 hingga 80 tahun, namun tulang keropos dapat menyerang siapa saja, termasuk usia muda. Apa sebenarnya penyebab tulang keropos?

Penyebab Tulang Keropos

Kondisi tulang keropos atau yang mungkin lebih di kenal dengan sebutan osteoporosis merupakan dimana bagian tubuh banyak kehilangan tulang, sehingga tulang menjadi rapuh dan keropos. Hal ini terjadi karena tulang kekurangan mineral, kalsium dan asupan vitamin lainnya.

Pada kondisi yang lebih serius, bisa saja membuat tulang amat rapuh dan mudah patah. Menurut seorang ahli endrokrinologi, Paul Mystkowski, berikut adalah beberapa hal yang menjadi penyebab tulang keropos atau Osteoporosis:

Kurangnya Kadar Kalsium

Keberadaan kalsium dalam darah sangatlah dibutuhkan oleh beberapa organ seperti jantung, otot dan syaraf. Sedangkan tulang di gambarkan seperti wadah yang dapat menyimpan kalsium dan fosfor. Sehingga organ lain dapat mengambilnya dari tulang.

Dengan kata lain, kadar kalsium yang rendah dalam tubuh dan organ yang akan tetap mengambil kalsium dari dalam tulang tentu akan membuat tulang menjadi tipis . Selain kalsium, keberadaan kandungan fosfor dan vitamin D sangatlah penting untuk kesehatan tulang.

Aktifitas Fisik Yang Rendah

Melakukan aktivitas fisik yang sedikit dapat menjadi penyebab tulang keropos atau osteoporosis, karena semakin jarang tulang digunakan maka akan semakin lemah daya tahan-nya. Mungkin kita semua telah sepakat bahwa olah raga atau aktivitas fisik mempunyai banyak manfaat untuk tubuh.

Hormon Yang Tidak Seimbang

Mungkin banyak yang belum tahu, Terdapat beberapa hormon yang memiliki peran dalam meningkatkan masa tulang, diantaranya hormon kalisitonin, paratiorid dan hormon pertumbuhan. Hormon-hormon inilah yang bertugas dalam penggunaan kalsium oleh tulang.

Selain itu, hormon-hormon tadi juga menentukan kapan waktunya membentuk dan menghancurkan tulang. Sehingga terganggunya hormon tersebut dapat menjadi salah satu penyebab tulang keropos.

Kebiasaan Merokok

Dari beberapa penelitian berhasil mengungkap bahwa keracunan nikotin pada sel tulang dapat menyebabkan tubuh menjadi kesulitan dalam menggunakan estrogen, kalsium dan vitamin D yang amat dibutuhkan dalam menjaga kesehatan tulang kita.

Cara Mencegah Tulang Keropos

Tulang merupakan kerangka yang dapat menyangga tubuh, melindungi organ inti dari benturan dan tempat terkaitnya sehingga otot mampu digerakkan dengan sambungan tulang satu sama lain. Dengan kata lain, tulang merupakan penunjang utama tubuh dalam kehidupan.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa makanan yang anda konsumsi sehari-hari baik untuk kesehatan tubuh kita. Pilihlah makanan yang kaya akan kalsium dan vitamin D untuk menjaga tulang tetap kuat dan tidak mudah keropos.

Kalsium bisa ita dapatkan dari bayam, kedelai, ikan dan keju, sedangkan Vitamin D bisa dari sinar matahari, ikan berlemak dan beberapa buah-buahan.

Jika makanan sehari-hari ini dirasa belum cukup memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin C, Anda juga bisa mendapatkannya dari suplemen yang kaya akan kalsium, vitamin D, vitamin C, dan vitamin B6 untuk menjaga kesehatan tulang hari ini hingga di masa senja nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *