Jarang di Ketahui, Inilah 5 Penyebab Tangan Gemetar!

Matajurnal – Tiap orang pada usia berapa pun dapat mengalami tangan gemetar, tergantung seberapa besar aktivitas yang dikerjakannya. Hal ini memang tidak apa-apa, tapi tidak ada salahnya untuk mengantisipasi, apalagi jika kondisi ini sering terjadi.

Beberapa orang di usia muda dan lanjut kerap mengalami tangan gemetar, terutama saat sedang menulis, menuang air, atau memegang sesuatu. Lalu apa penyebabnya? Berikut adalah penyebab tangan sering gemetar!

Penyebab Tangan Gemetar

penyebab tangan gemetar

Sedang Mengkonsumsi Obat-obatan

Menurut US National Library Of Medicine, gemetar dikala mengkonsumsi obat spesifik terjadi di kala anda menggerakan tangan, lengan, kepala dalam tempat spesifik. Jika anda merasa tangan gemetar setelah mengkonsumsi obat itu, anda dapat segera konsultasi kepada dokter.

penyebab tangan gemetar

Mengkonsumsi Kafein atau Alkohol

Seperti yang kita ketahui, kafein dan alkohol dapat mempengaruhi kerja organ vital, maka hal tersebut dapat memacu gerak otot tertentu secara spontan atau terus menerus. Oleh sebab itu, jangan terlalu sering mengkonsumsi banyak kafein atau alkohol.

penyebab tangan gemetar

Kurang Tidur atau Istirahat

Tidur amatlah penting untuk kelangsungan kesehatan tubuh kita. Kurang tidur dapat mempengaruhi sistem syaraf otonom yang mengatur cara kerja organ internal badan. Termasuk sistem kerja pada jantung, tekanan darah dan sistem kerja otak.

penyebab tangan gemetar

Hipotermia atau Kedinginan

Salah satu penyebab yang sering terjadi saat kedinginan adalah gemetar. Suhu tubuh yang menurun drastis akan membuat sistem kerja beberapa organ tidak berjalan dengan baik. Biasanya di mulai dari bagian tangan, kaki dan akan menjalar ke seluruh tubuh.

penyebab tangan gemetar

Tremol

Gangguan saraf akibat gagal fungsi otak cerebellum. Kondisi dimana dapat dialami oleh orang dewasa dan lanjut usia dan belum diketahui penyebab dan cara penyembuhannya. Pengidap Tremol ini akan mengalami gemetar saat otot akan digunakan.

Inilah beberapa pembahasan tentang penyebab tangan sering gemetar. Bagi anda yang memiliki gejala ini tidak apa-apa, tapi sebaiknya konsultasi dokter untuk tahap dan perkembangan yang lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *