Penyebab Stretch Mark Pada Perut, Paha Dan Lainnya!

Matajurnal – Stretch Mark merupakan sebuah kondisi yang disebabkan penipisan pada permukaan kulit. Hal ini terjadi akibat beberapa faktor. Permukaan kulit yang terlihat seperti garis-garis ini terbentuk setelah masa kehamilan atau diakibatkan kegemukan/Obesitas.

Perempuan atau Pria sebagian besar mengalami stretch marks pada beberapa titik pada bagian tubuhnya. Garis berwarna putih pada kulit disebabkan merenggang melampaui kapasitasnya, sehingga menonjol keluar lapisan atas epidermis.

Penyebab Stretch Marks di Tubuh

Kehamilan

Penyebab Strech Marks yang biasanya sering terjadi adalah bagian perut, terutama paska melahirkan yang disebabkan masa kehamilan. Banyak ibu hamil yang salah persepsi, dimana mereka mengira bahwa dengan menggaruk di bagian perut dan sekitarnya dapat menyebabkan stretch mark.

Sebenarnya timbulnya rasa gatal pada bagian tertentu merupakan sebuah tanda akan timbulnya stretch mark. Tetap saja tidak disarankan untuk ibu hamil menggaruk terlalu kencang dan sering.

Tidak disarankan pula untuk menggunakan krim pemutih atau pemudar stretch mark tanpa seijin dokter. Hal tersebut dikhawatirkan dapat membahayakan kandungan sang ibu. Maka dari itu perlu di konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu agar lebih aman.

Obesitas

Walaupun bukan hanya obesitas saja yang menjadi penyebab munculnya strecth mark, namun kenaikan berat badan yang cukup signifikan dan terbilang mendadak bisa menjadi salah satu faktor munculnya guratan yang tibul di permukaan kulit.

Kenaikan berat badan yang signifikan akan membuat kulit merenggang, sehingga lapisan kulit epidermis menjadi menipis dan membuat lapisan dibawah-nya menjadi muncul ke permukaan.

Maka dari itu, untuk menghindari timbulnya stretch mark, kalian harus menjada dan memperhatikan pola makan dan gaya hidup. Rutinlah juga untuk melakukan olah raga minimal setiap seminggu sekali, untuk menjaga kesehatan dan membuang lemak jahat.

Kekurangan Vitamin A, C, E

Setiap manusia pasti memerlukan asupan vitamin untuk memenuhi asupan gizi pada tubuhnya. Seperti vitamin A yang amat bagus untuk kesehatan mata dan kulit, begitu juga dengan vitamin C dan E yang memegang peranan penting untuk tubuh kita.

Salah satu penyebab stretch mark juga bisa dikarenakan kekurangan kandungan vitamin A, C maupun E. Maka, untuk terhindar dari stretch mark di tubuh, perbanyak lah mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin A, C, dan E seperti jeruk, pepaya, alpukan dan lainnya.

Rokok dan Alkohol

Rokok dan alkohol juga menjadi penyebab munculnya stretch mark yang mengganggu penampilan anda. Maka dari itu, untuk para wanita ataupun pria sebaiknya menjauhi rokok dan alkohol, karena dua hal tersebut memperburuk kesehatan tubuh anda.

Kandungan dari zat dalam rokok maupun alkohol dapat menurunkan kesehatan kulit dan beberapa organ vital lainnya. Seperti organ yang paling penting yaitu jantung. Sekali pun tidak merokok, sebaiknya jauhi asap rokok, karena perokok pasif lebih bahaya dari perokok aktif.

Penggunaan Pakaian Ketat

Selain itu, penggunaan pakaian ketat ternyata juga dapat menimbulkan stretch mark pada beberapa bagian tubuh anda. Bagi anda yang sangat suka menggunakan pakaian ketat, sebaiknya rubah-lah kebiasaan itu dengan menggunakan pakaian yang tidak ketat.

Penggunaan pakaian ketat akan membuat kulit menjadi trauma, sehingga memicu munculnya stretch mark pada bagian kulit anda. Gunakan lah pakaian yang nyaman di badan anda, agar lapisan kulit (epidermis) tidak tertekan dan rusak.

Sering Mengkonsumsi Makanan Berkalori Tinggi

Makanan yang berkalori tinggi akan mudah membuat anda menjadi gemuk dan malas bergerak. Maka dari itu, saat ini banyak ditemukan stretch mark yang muncul pada anak-anak usia remaja. Hal tersebut disebabkan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan berkalori tinggi.

Jika anda menyukai makanan berkalori tinggi, sebaiknya di imbangi dengan kegiatan olahraga yang rutin agar tidak menimbulkan stretch mark atau obesitas. Karena olahraga yang rutin dapat membuat tubuh menjadi sehat dan bugar.

Inilah beberapa faktor dan penyebab stretch marks yang terjadi pada bagian tubuh kita. Hindari kebiasaan-kebiasaan dan pola hidup yang tidak sehat untuk menjaga kondisi tubuh dan organ vital lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *