Tue. Oct 30th, 2018
sering kentut saat hamil - matajurnal

Penyebab Kentut: Kenapa Wanita Sering Kentut Saat Hamil?

MatajurnalSering kentut saat hamil merupakan masalah umum. Biasanya ibu hamil buang gas sekitar 18 kali dalam sehari. Hal ini karena rata-rata ibu hamil dapat menghasilkan hingga 4 liter gas setiap hari. Lalu kenapa ibu hamil memproduksi lebih banyak gas selama kehamilan?

Ternyata salah satu penyebab utamanya dikarenakan adanya peningkatan kadar hormon progeston. Hormon ini akan menyebar ke seluruh tubuh, termasuk otot usus anda jadi lemas. Otot usus yang melemas menyebabkan proses pencernaan terhambat.

Akibatnya akan terjadi penumpukan gas. Nah inilah yang membuat ibu hamil jadi sering kentut, bersendawa dan merasakan perut kembung. Tidak hanya itu saja, otot tubuh yang lemas juga menyebabkan ibu hamil kesulitan menahan kentut.

Penyebab sering kentut saat hamil juga bisa terjadi karena pengaruh utesus (rahim) yang kian membesar, sehingga memberikan tekanan pada rongga perut. Tekanan ini dapat memperlambat proses pencernaan yang pada akhirnya memicu penumpukan gas.

Cara Agar Tidak Kentut Saat Hamil

Menghindari Makanan yang mengandung Gas

Beberapa makanan memang ada yang merangsang saluran cerna untuk mengeluarkan angin. Hal ini dikarenakan makanan tersebut mengandung gas, sehingga tubuh akan mengeluarkannya melalui kentut. Beberapa makanan yang dapat merangsang anda untuk kentut seperti:

  • Sayuran bergas tinggi seperti Brokoli, Kubis, Kol, Kembang kol, Lobak dan Sayuran mentah.
  • Buah-buahan yang mengandung sorbitol seperti Durian, Namgka, Apel, Pir dan Persik. Selain pada buah, sorbitol juga dapat ditemukan pada permen dan permen karet.
  • Makanan yang mengandung patin tinggi seperti gandum utuh.

Mengunyah Makanan Pelan-pelan

Mengunyah makanan secara perlahan sampai benar-benar lumat adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi kentut. Kentut dapat disebabkan karena bakteri di usus besar yang bekerja untuk memecah makanan tidak dicerna secara menyeluruh oleh enzim di lambung.

Cara Lainnya

Selain dua cara yang sudah disebutkan di atas, American Pregnancy juga merekomendasikan beberapa cara lain agar kalian tidak sering kentut saat hamil. Berikut adalah caranya:

  • Hindari minuman bersoda
  • Minum langsung dari gelas tanpa menggunakan sedotan
  • Makan sedikit-sedikit tapi sering
  • Perbanyaklah aktivitas seperti berjalan kaki atau olahraga ringan untuk mencegah sembelit dan membantu merangsang pencernaan.
  • Batasi pemanis buatan
  • Perbanyak mengkonsumsi air putih

Sering kentut saat hamil merupakan hal yang wajar dan umum. Jangan sampai menghindari asupan makanan yang dapat mengganggu kesehatan anda dan sang calon buah hati didalam kandungan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk jalani hidup sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *