Wed. Oct 31st, 2018
nyeri pada payudara

Penyebab Nyeri Pada Payudara Wanita Yang Jarang di Ketahui!

Matajurnal – Rasa nyeri pada payudara kerap menimbulkan kekhawatiran, berbahayakah serta apa penyebabnya. Nyeri pada payudara atau mastalgia dapat terasa di beberapa area atau bagian payudara dan biasanya akan menjalar hingga ketiak dan lengan.

Anda tidak perlu khawatir berlebihan ketika mengalami nyeri payudara, karena hal ini belum tentu menandakan anda terkena kanker payudara. Selain itu, kanker payudara biasanya memiliki gejala lain, bukan hanya berupa nyeri.

Penyebab Rasa Nyeri Pada Payudara!

Keseimbangan Hormon

Nyeri payudara biasanya terjadi karena perubahan hormon atau ketidak seimbangan hormon dalam tubuh. Siklus menstruasi, menopaus dan kehamilan merupakan penyebab umum yang biasanya terjadi pada wanita dan membuat rasa nyeri pada payudara.

Biasanya wanita merasakan nyeri disekitar payudara dan terkadang menjalar ke bagian ketiak hingga lengan. Umumnya rasa nyeri payudara biasanya disebabkan berkurangnya hormon estrogen pada tubuh wanita.

Menggunakan Bra Ketat

Penggunaan bra yang terlalu ketat atau ngepres biasanya juga menyebabkan rasa nyeri pada area payudara. Hal ini dikarenakan penggunaan bra yang ketat tidak memberikan ruang atau celah pada payudara untuk bernafas dan bergerak karena terjepit.

Atau bisa juga masalah ini terjadi kepada wanita yang sedang mengalami pertumbuhan pada payudaranya. Biasanya juga akan mengalami rasa nyeri atau senut-senut.

Tidak Menggunakan Bra Saat Olahraga

Biasanya wanita tidak menggunakan saat istirahat atau tidur pada malam hari dan langsung berolahraga pada saat pagi hariny. Padahal ini merupakan cara yang salah untuk berolahraga, bukannya mendapatkan tubuh yang sehat malah sebaliknya.

Karena tanpa bra, tidak ada yang menopang payudara saat melakukan berbagai gerakan olahraga. Dan itu dapat membuat payudara anda terasa nyeri dan sakit.

 

Mengkonsumsi Kafein Berlebihan

Menurut laporan Blodsky, perempuan yang berlebihan dalam mengkonsumsi kafein cenderung akan merasakan nyeri pada payudara. Karena pada dasarnya kafein memang tidak baik untuk kesehatan apalagi dikonsumsi dalam waktu terus menerus dan jumlah banyak.

Jadi jika anda merasakan sakit pada payudara dan sekitarnya, sebaiknya anda mengurangi asupan yang mengandung kafein baik dari minuman atau makanan.

Efek Samping Obat

Rasa nyeri pada payudara anda juga bisa disebabkan oleh efek samping dari obat-obatan. Beberapa obat memiliki dampak atau efek buruk pada produksi hormon estrogen dalam tubuh anda. Bahkan dapat berakibat lebih buruk lagi untuk kesehatan tubuh.

Jika anda sedang mengkonsumsi obat-obatan dan mengalami rasa sakit pada payudara, sebaiknya cek dan periksa apakah obat itu memiliki dampak atau efek samping pada payudara.

Kista

Apakah anda merasakan benjolan pada payudara? Jika benjolan ini disertai rasa sakit pada payudara, mungkin anda harus segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Karena bisa jadi itu adalah gejala penyakit kista yang menyebabkan payudara menjadi sakit.

Bahayanya lagi, kista juga dapat berkembang menjadi kanker, untuk itu harus diobati dengan cepat. Inilah beberapa penyebab nyeri pada payudara yang mungkin sering dialami oleh wanita. Tetap jaga pola makan dan gaya hidup agar tubuh selalu sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *