Buang Air Kecil Tengah Malam Terlalu Sering, Apa Penyebabnya?

penyebab-buang-air-kecil-tiap-malam

Jurnal Kesehatan – Buang Air Kecil Tengah Malam – Pernahkah dari kalian merasakan atau mengalami kebelet pipis atau buang air kecil tengah malam? Biasanya hal itu akan mengganggu kenyamanan atau kenikmatan saat melakukan istirahat, apa lagi jika kita sendiri yang mengalaminya. Pastinya kita akan merakan kesal, karena paginya harus melakukan aktifitas sekolah, bekerja atau yang lainya.

Dalam pembahasan kali ini, kami akan memaparkan sebab dan cara mengatasi buang air kecil atau pipis ditengah malam.

Jurnal Kesehatan - Buang Air Kecil Tengah Malam
source: bogorToday

Buang Air Kecil Tengah Malam?

Menurut Randy Wexler, MD, seorang profesor asosiat dari Ohio State University Medical Center, kondisi tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut adalah lima hal lain yang menyebabkan Anda ingin pipis saat tengah malam dan cara mengatasinya, berikut penjelasanya:

  1. Minum terlalu banyak sebelum tidur.
    Menurut Wexler, tak semua orang menyadari berapa banyak air putih yang mereka minum beberapa jam sebelum tidur dan betapa hal itu bisa menggangu tidur. Ada baiknya untuk berhenti minum air dua jam sebelum tidur. Juga buang air kecil sebelum tidur. Bila Anda telah melakukan hal itu dan tetap terbangun tengah malam karena ingin pipis, itu saatnya Anda perlu menemui dokter.
  2. Minum alkohol atau kafein terlalu dekat waktu tidur.
    Baik alkohol dan kafein bisa meningkatkan keinginan untuk pipis, ujar Wexler. Jadi, bila Anda tipe individu yang senang menikmati secangkir kopi usai makan malam, atau minum alkohol sebelum tidur, artinya sama saja Anda mencari masalah.
  3. Kurang kadar hormon antidiuretik
    “Seiring bertambahnya usia, Anda akan kehilangan hormon antiduretik secara alami,” ucap Tobias Kohler, MD, kepala urologi di Memorial Hospital Illinois. Hormon tersebut membantu ginjal untuk mengontrol kadar cairan. Semakin sedikit hormon ini Anda miliki, semakin Anda sering ingin pipis. Menurut “Kohler”, biasanya hormon ini mulai berkurang ketika seseorang memasuki usia 40. Tapi bisa juga baru dirasakan kemudian ketika sudah berusia 60 atau 70.
  4. Terkena infeksi
    Bila Anda wanita dan sudah melakukan semua yang disarankan tadi namun masih mengalami ingin pipis di tengah malam, bisa jadi Anda mengalami infeksi saluran kencing, demikian ucap Wexler.
  5. Kaki Anda bengkak
    Bila Anda mengalami kaki bengkak kondisi yang dikenal sebagai edema, ada retensi cairan di tubuh bagian bawah dan menyebabkan Anda selalu ingin pipis ketika berbaring. Ada baiknya anda segera memeriksanya kepada dokter.

Itulah penyebab dan cara mengatasi buang air kecil tengah malam. Mulailah menjaka kondisi tubuh dan pola hidup yang lebih baik, semoga bermanfaat dan dapat membantu mengatasi permasalahan kalian.

Baca juga cara mengatasi insomnia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *