Pengertian Branding, Apa itu Branding? Apa Fungsinya?

pengertian branding adalah, apa itu branding

Mata Jurnal Artikel Bisnis

Pengertian Branding, Apa itu Branding? Apa Fungsinya? – Mengapa Branding Adalah Hal yang Penting dalam Bisnis ? Ada banyak definisi branding, beberapa dekade yang lalu pengertian brand adalah seputar nama, slogan, tanda, simbol atau desain.

Kombinasi dari unsur-unsur yang disebutkan itu sejatinya ditujukan untuk mengidentifikasi produk atau layanan perusahaan.

Tidak ada yang salah jika sebuah brand diidentifikasi dari unsur-unsur yang membedakan barang dan atau jasa dari para kompetitornya. Namun saat ini pengertian branding sedikit lebih kompleks terlebih lagi di dunia pemasaran.

Image dari sebuah brand adalah persepsi yang ada dalam benak konsumen saat mereka mendengar atau memikirkan nama perusahaan, layanan atau produk tersebut.

Yang dikatakan brand atau branding adalah sebuah semangat yang terus bergerak dan berevolusi seiring dengan perilaku konsumen. Brand adalah gambaran emosional (kharisma dsb.) tentang siapa diri Anda sebagai perusahaan di mata konsumen.

Berikut beberapa definisi dari para ahli brand dan marketing dunia yang dapat membantu anda memahami apa itu branding.

Penulis buku The Brand Gap, Marty Neumeier mengungkapkan tentang pengertian branding ;

Branding berarti suatu pernyataan mengenai siapa (identitas), apa yang dilakukan (produk/jasa yang ditawarkan), dan mengenai kenapa suatu merek layak dipilih (keistimewaan). Brand adalah reputasi, merek yang memiliki reputasi adalah merek yang menjanjikan, sehingga publik mempercayai dan memilih merek tersebut (Neumeier, 2003:54).

pengertian branding adalah - jurnal bisnis - mata jurnal

Pengertian branding menurut Robin Landa melompati apa yang selama ini tampak secara kasat mata, dia menjelaskan;

Pengertian branding telah berkembang, dari sekadar merek atau nama dagang dari suatu produk, jasa atau perusahaan, yang berkaitan dengan hal-hal yang kasat mata dari merek; seperti nama dagang, logo atau ciri visual lainnya; kini juga berarti citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi dan anggapan di benak konsumen (Landa, 2006:4).

Sementara itu guru pemasaran dunia Philip Kotler seolah mempertegas pandangan lama tentang apa itu branding dengan menyatakan;

Branding adalah nama, istilah, tanda, simbol, atau rancangan, atau kombinasi dari semuanya, yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa atau kelompok penjual dan untuk mendiferensiasikannya (membedakan) dari barang atau jasa pesaing (Kotler, 2009:332).

Branding adalah “itu semua”.

Brand yang kuat sangat dibutuhkan karena pertarungan untuk merebut pelanggan tentu meningkat dari hari ke hari. Penting untuk menghabiskan waktu berinvestasi dalam meneliti, mendefinisikan, dan membangun brand Anda.

Bagaimanapun, brand adalah komitmen, brand adalah janji bagi konsumen Anda, brand adalah pengalaman yang konsumen Anda rasakan, branding adalah upaya untuk mengerjakan itu semua.

Jika membangun brand adalah sesuatu hal yang menurut Anda mahal, bandingkan biaya (yang menurut Anda mahal) itu dengan biaya untuk bangkit ketika brand Anda jatuh dan terkubur dalam persaingan.

Dilihat dari karakteristiknya, sifat brand adalah strategis, sementara marketing lebih bersifat taktis, keduanya Anda butuhkan memenangkan bisnis Anda dalam persaingan.

Fungsi dari branding adalah sebagai panduan untuk memahami visi misi dan tujuan bisnis. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyelaraskan rencana pemasaran dengan tujuan tersebut dan memenuhi strategi secara menyeluruh.

branding adalah

Efektivitas sebuah branding adalah ketika ekuitas sebuah brand tidak hanya terjadi sebelum pembelian, tapi juga terjadi di alam bawah sadar khalayak, melalui opini publik dan melalui pengalaman yang diberikannya kepada konsumen.

Apakah produk atau layanan brand Anda tampil seperti yang diharapkan? Apakah kualitasnya sebaik yang dijanjikan atau lebih baik? Bagaimana pengalaman pelayanan yang dirasakan konsumen Anda? Jika Anda bisa mendapatkan jawaban positif atas pertanyaan ini, Anda telah menciptakan loyalitas di konsumen Anda.

Membangun Brand adalah langkah strategi yang jika terbangun dengan baik secara menyeluruh, maka tidak hanya menciptakan loyalitas pelanggan, tapi juga menciptakan kultur perusahaan yang baik, dan menciptakan karyawan yang setia.

Brand memberi para karyawan Anda sesuatu untuk dipercaya, sesuatu yang layak untuk berdiri di belakangnya. Branding adalah langkah di tingkat manajerial yang membantu karyawan memahami tujuan organisasi atau bisnis.

Setelah memahami pengertian branding anda juga dapat menambah pengethauan tentang strategi manajemen bisnis model kanvas dan analisis SWOT untuk semakin memperkuat pemahaman Anda dalam berbisnis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *