Sun. Dec 2nd, 2018
tempat-wisata-di-pontianak-

Tempat Wisata Di Pontianak Yang Wajib Didatangi

Obyek Wisata di Pontianak dan Sekitarnya – Pontianak merupakan sebuah ibukota dari provinsi Kalimantan Barat, yang sangat terkenal sebagai Kota Khatulistiwa. Hal ini dikarenakan, letak wilayah kota tersebut tepat dilalui garis khatulistiwa yang membagi bumi menjadi 2 bagian yakni selatan dan utara.

Di sebelah utara Kota Pontianak yang tepatnya di Siantar, telah dibangun sebuah Tugu Khatulistiwa di lokasi yang diduga tepat dilalui garis tengah bumi tersebut. Disamping itu, Kota namanya berasal dari bahas melayu ini juga dilalui oleh 2 sungai yaitu Sungai Landak dan Sungai Kapuas, yang dimana sungai tersebut telah di dilukiskan dalam logo kota.

Sebagai wilayah yang terkenal sebagai Kota Khatulistiwa dan Sungai Kapuas, ternyata Pontianak juga termasuk Kota yang menyimpan berbagai obyek wisata menarik dan cukup bisa dibanggakan. Nah, apa tempat wisata nya? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Obyek Wisata di Pontianak Yang Wajib Dikunjungi

Aloe Vera Center

Aloe Vera Center adalah sebuah tempat budidaya tumbuhan lidah buaya, dan merupakan salah satu obyek wisata di Pontianak yang cukup terkenal. Di tempat wisata yang berlokasi di Jl. Budi Utomo, Siantan Hulu, Pontianak Utara ini, anda dapat menemukan lidah buaya yang berukuran sangat besar. Selain itu, dapat melihat proses pengolahan tanaman lidah buaya menjadi aneka makanan seperti permen, dodol, tepung, atau pun diolah menjadi krim kulit.

Pantai Pasir Panjang

Terletak di Kecamatan Tujuhbelas yang kurang lebih berjarak 17 km dari pusat kota Singkawang, Pantai Pasir Panjang termasuk obyek wisata di Pontianak yang haru anda kunjungi. Karena tempat ini menyediakan pemandangan khas pantai yang begitu indah, dan tentunya disini banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan seperti berenang, berselancar, bermain voli, atau pun sekedar bersantai disekitar pantai. Untuk dapat menikmati pesona pantai pasir panjang, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000/orang.

Tugu Khatulistiwa

Jalan-jalan ke kota Pontianak rasanya kurang afdol jika belum berkunjung ke Tugu Khatulistiwa, yang dimana tugu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagai warga Pontianak. Sekitar obyek wisata di Pontianak yang berada di sekitar 3 km dari pusat perkotaan ini, terdapat museum yang menginformasikan garis Khatulistiwa serta terdapat tulisan EVENAAR di antara 2 pilar belakang tugu.

Keraton Kadriah

Obyek wisata di Pontianak selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan adalah Keraton Kadriah. Didirikan pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie selaku sebagai sultan pertama di Kesultanan Pontianak ini, terletak di Jl. Tritura, Pontianak. Bangunan keraton tersebut di dominan oleh warna kuning dan tersusun dari kayu belia, atau sebuah kayu di Kalimantan yang terkenal dengan sebutan kayu besi karena kuatnya.

Masjid Jami Pontianak

Berlokasi di komplek keraton terlihat sebuah bangunan Masjid yang cukup megah, yang dikenal dengan nama Masjid Sultan Syahrif Abdurrahman atau biasa disebut Masjid Jami Pontianak. Masjid yang dibuat dari kayu belian dan dengan desain gaya rumah panggung ini, mampu menampung sekitar 1.500 jamaah.

Rumah Betang Radak

Rumah Betang Radak adalah salah satu obyek wisata di Pontianak yang harus datangi, karena Rumah tersebut merupakan replika dari rumah adat Dayak. Dengan panjang 138 meter, lebar 5 dan 7 meter ini, pernah meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia.

Taman Alun-alun Kapuas

Keberadaan Sungai Kapuas di Kota Pontianak selain menjadi jalur transportasi air, sungai tersebut juga dimanfaatkan sebagai taman rekreasi bagi masyarakat sekitar. Taman dengan luas sekitar 3 hektar dan mempunyai replika Tugu Khatulistiwa disebelah salah satu sudutnya, termasuk obyek wisata yang kerap didatangi para wisatawan dari berbagai daerah.

Obyek Wisata di Pontianak Lainnya;

  • Museum kalimantan Barat
  • Sinka Island Park
  • Taman Bukit Bougenville
  • Kolam Renang JC Oevang Oeray

Itulah informasi seputar obyek wisata di Pontianak yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan bisa menambah daftar destinasi liburan anda bersama orang terkasih. Ketahui juga, obyek wisata di Balikpapan yang mempesona dan cukup menarik untuk disambangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *