Inilah 5 Macam Obat Sakit Pinggang Alami

Obat-Sakit-Pinggang

Sakit pinggang biasanya diderita oleh seseorang yang berusia menginjak 30 tahun lebih. Sakit pinggang terjadi karena berkurangnya kemampuan otot sendi dan tulang. Bagi penderita sakit pinggang bisa menggunakan berbagai macam obat sakit pinggang alami untuk meredakan penyakitnya.

Obat sakit pinggang alami tanpa efek samping

Sebenarnya, membuat obat sakit pinggang alami dapat dilakukan dengan mudah. Obat alami tidak akan menimbulkan efek samping pada para penggunanya. Berbagai macam obat sakit pinggang yang dapat digunakan:

Air panas

Obat Sakit Pinggang

Air panas dapat digunakan untuk meredakan sakit pinggang ringan. Hal ini karena air panas dapat merilekskan otot pinggang. Rendaman air panas dapat membuat pinggang kita nyaman dan rasa sakit berkurang.

Temulawak

Obat Sakit Pinggang

Temulawak merupakan obat herbal yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit termasuk sakit pinggang. Pengolahan temulawak juga sangat mudah yaitu ambil satu buah rimpang temulawak, ambil satu genggaman daun kumis kucing, rebus semua bahan dengan satu liter air hingga air rebusan tinggal setengahnya saja. Minumlah air rebusan satu kali sehari dan jangan berhenti jika sakit pinggang belum reda.

Bawang merah

Obat Sakit Pinggang

Bawang merah selain dapat digunakan untuk  bumbu masak, obat masuk angin, juga untuk mengatasi masalah sakit pinggang. Cara mengobati sakit pinggang dengan bawang merah sangatlah mudah yaitu ambil tiga siung bawang merah dan dua siung rimpang jahe merah, parut bahan hingga halus, oleskan bahan tersebut ke bagian pinggang yang sakit. Lakukan cara ini sebanyak dua kali sehari dan secara teratur.

Daun Mahkota Dewa

Obat Sakit Pinggang

Daun makhkota dewa juga efektif untuk mengobati sakit pinggang. Cara mengobati sakit pinggang dengan daun mahkota dewa sebagai berikut: siapkan 20 gram daun mahkota dewa, 5 gram akar sawi langit, temu hitam secukupnya, dan dua rimpang jahe merah, rebus semua bahan dengan empat gelas air kemudian sisakan hingga kira-kira berukuran 2 gelas. Minum dalam kondisi hangat dua kali sehari dan lakukan secara teratur.

Daun landep

Obat Sakit Pinggang

Banyak orang belum mengetahui daun landep. Daun landep termasuk salah satu dari berbagai macam obat sakit pinggang. Ambil segenggam daun landep, cuci hingga bersih, tumbuk jadi halus, tambahkan tumbukan daun landep dengan air kapur sirih, aduk hingga merata. Kemudian balurkan ke seluruh tubuh sambil melakukan pijatan pada pinggang yang sakit. Cara ini dapat dilakukan dua kali sehari.

Itulah berbagai macam obat sakit pinggang secara alami yang dapat dimanfaatkan. Jika sakit pinggang tak kunjung sembuh, segeralah periksa ke dokter.

Artikel Kesehatan Lainnya ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *