Tue. Oct 23rd, 2018
usaha-ternak-burung-walet

6 Hal Penting Dalam Menggeluti Usaha Ternak Burung Walet

Mata Jurnal Artikel Bisnis

Usaha Ternak Burung Walet – Seperti yang sudah sering kita diketahui, burung walet merupakan salah satu jenis burung yang habitatnya di perbukitan atau tebing dekat laut. Burung ini sangat terkenal sebagai burung yang membuat sarangnya dengan menggunakan air liur, yang diketahui bahwa air liurnya tersebut dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh masyarakat awam, pengusaha, sampai para ilmuan. Mengatakan bahwa beberapa manfaat ampuh dari air liur burung walet adalah untuk memelihara kesehatan dan menjaga kecantikan kulit.

Harganya yang pernah mencapai Rp. 1,5 juta per 1 ons sarang walet, dan belum termasuk sarang burung walet merah yang dapat menembus harga Rp. 17 juta per 1 kilogramnya. Tingginya angka tersebut membuat banyak orang mulai membuka usaha ternak burung walet. Dari yang dulunya petani memanen sarang burung walet yang ada di tebing tinggi, dan penuh dengan resiko. Kini usaha membudidayakan burung walet bisa dikerjakan di rumah, yakni dengan memanipulasi lingkungan supaya mirip dengan habitat aslinya.

Tips Memulai Usaha Ternak Burung Walet

Memulai usaha ternak burung walet tidak dapat berjalan dengan mudah begitu saja, karena ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips penting yang harus anda ketahui dalam bisnis ternak burung walet, diantaranya;

Mempersiapkan kandang burung walet

Dalam memulai usaha ternak burung walet, hal pertama yang harus anda lakukan yaitu mempersiapkan kandang. Persiapan kandang harus berlokasi di tempat yang tinggi dan jauh dari keramaian, salah satunya keramaian manusia. Disamping itu, anda juga haru memastikan kandang jauh jauh dari binatang buas, dan usahakan dekat dengan kawasan air seperti rawa, sungai, atau laut. sebab jenis burung ini menyukai tempat-tempat yang dekat dengan air.

Mempersiapkan sarana dan prasarana

Disarankan kandang atau sarang burung walet jangan terlalu kering. Kelembabannya didalamnya kurang lebih mencapai 75-95% dengan suhu 23-27 derajat C. Langkah ini dapat anda wujudkan dengan memperhatikan ketebalan lapisan plafon kandang, membuat saluran air atau kolam dalam gedung. membuat ventilasi udara dengan bentuk L, serta pastikan suasana kandang gelap dengan membuat penangkal cahaya.

Bentuk kandang atau gedung yang ideal

Karena harus dibuat semirip mungkin dengan habitat aslinya, kadang burung walet harus dibuat harus dibuat dalam berukuran besar dan luas. Pada umumnya telah dibuat dengan ukuran sekitar 10×15 m² atau 10×20 m².

Pembibitan burung walet

Hampir kebanyakan tahap pembibitan burung walet ini secara tidak sengaja. karena rata-rata pengusaha ternak burung walet menyediakan rekaman suara burung walet, yang diputar jam 15:30 – 17:45 untuk mengundang mereka datang lebih banyak. seiring berjalannya waktu, burung-burung walet yang besarang akan mulai bertelur kemudian diambil dan dibudidayakan untuk bibit. atau anda juga bisa membeli beibit telur di peternakan burung walet.

Tahap perawatan burung walet

Pada umumnya burung walet dewasa akan mencari makanan dengan senndirinya. Namun untuk burung walet yang masih kecil perlu disediakan dan disuapi makanan kroro segar sebanyak 3 kali sehari.

Proses pemanenan sarang burung walet

Dalam proses memanen sarang burung walet ada 3 macam jenis pemanenan yaitu panen rampasan, panen buang telur, dan panen penetasan. Panen rampasan yaitu proses memanen sarang sebelum burung walet siap bertelur. Panen buang telur adalah proses pengambilan sarang setelah burung bertelur dua butir. Sedangkan panen penetas ialah proses memanen setelah telur walet menetas.

ya, itulah beberapa cara memulai usaha ternak burung walet dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan selamat memulai usaha atau bisnis baru anda.

Artikel menarik lainnya ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *