Mengenal Pengertian Bisnis Syariah Yang Menguntungkan

bisnis-syariah

Mengenal Bisnis Syariah – Bisnis syariah merupakan suatu bisnis jual beli yang menggunakan landasan hukum syariah atau secara sistem islam. Tujuan bisnis ini didirikan yaitu untuk membantu masyarakat supaya lebih mudah dalam urusan jual beli yang sesuai dengan aturan ajaran islam. Bisnis syariah tidak semata-mata untuk mendapatkan keuntungan saja, namun juga menjalankan suatu bisnis yang memakai landasan Al- Qur’an dan hadis.

Setiap orang yang ingin bergabung dengan bisnis syariah, diwajibkan sudah memahami tentang bagaimana bisnis halal dan mana bisnis yang haram. Sehingga orang tersebut yang nantinya akan menjadi anggota bisnis ini sudah tahu tentang aturan syariah bisnis. Perlu kamu ketahui bahwa bisnis syariah memiliki prinsip-prinsip yang diterapkan, berikut adalah penjelasan selengkapnya.

bisnis syariah

Apa Sajakah Prinsip Yang Diterapkan Bisnis Syariah?

Prinsip Jual Beli (Ba’i)

Prinsip Ba’i ini diterapkan untuk mengurus suatu perpindahan kepemilikan suatu barang atau istilahnya sering disebut dengan “transfer of property”. Perlu kamu ketahui bahwa ada 2 prinsip yang di terapkan di Ba’i ini yaitu:

  • Murabahah ( bentuk pembayaran)

Prinsip Murabahah menerapkan sistem penyerahan barang dilakukan bersamaan dengan pembayaran uang tunai di muka. Jadi memang dari awalan harga sudah ditetapkan dan disepakati.

  • Istishna

Prinsip ini menerapkan tentang penyerahan barang yang sudah dipesan harus sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Prinsip Bagi Hasil

Untuk Prinsip bagi hasil ini sering disebut dengan “Syirkah”. Di dalam prinsip ini, setiap orang yang berkaitan dengan bisnis haruslah memberikan konstribusi modal dan juga kesepakatan besar keuntungan dan resiko yang akan didapatkan di masa yang akan mendatang.

Dalam Syirkah ini, setiap pebisnis yang melakukan kerja sama haruslah memberikan modal awal yang sama besarnya. Dengan demikian, keuntungan yang akan didapatkan akan sama besar dan sama rata.

Prinsip Sewa

Prinsip sewa ini sering disebut dengan “Ijarah”. Dalam Ijarah ini, bisnis ini menyediakan kos-kosan, rumah, dan rental kendaraan untuk disewa. Syarat untuk bisa melakukan sewa di bisnis syariah ini, kamu haruslah sudah dewasa dan baligh.

Demikianlah pengertian bisnis syariah dan juga prinsip-prinsipnya. Dengan memahami penjelasan di atas, kami yakin bahwa kamu akan tertarik untuk bergabung bisnis ini. Dengan menggunakan sistem syariah dan islami tentunya kamu tidak perlu khawatir karena akan kecil kemungkinan di sini kamu akan mengalami sebuah kerugian.

Baca juga ;

Peluang Besar Bisnis Anak Muda Saat ini.

Pengertian Bisnis Dropship dan Cara Kerjanya.

Macam-Macam Contoh Surat Bisnis Berbagai Tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *