Cara Mengatasi Payudara Sakit Saat Hamil

payudara sakit saat hamil

MatajurnalCara mengatasi payudara sakit saat hamil, payudara sakit adalah salah satu masalah kesehatan yang sering dikeluhkan oleh para wanita. Biasanya, masalah ini muncul menjelang masa menstruasi atau menjadi tanda awal masa kehamilan.

Bagi anda yang sedang hamil, anda mungkin merasakan sakit di bagian payudara saat di tekan atau hanya di sentuh. lalu bagai mana cara mengatasi masalah payudara sakit saat hamil? Mari kita bahas:

Apa Penyebab Payudara Sakit Saat hamil?

payudara sakit saat hamil

Biasanya hal ini terjadi pada saat trimester pertama kehamilan. Selama fase ini, payudara akan terasa bengkak, perih dan sensitif. bahkan hanya dengan disetuh saja, rasa sakitnya pada payudara terasa semakin menjadi-jadi dan tidak karuan.

Sela kehamilan, tubuh mempersiapkan diri untuk mendukung tumbuh kembang janin dan persiapan menyusui. Hal ini menyebabkan hormon-hormon tubuh seperti estrogen, progeston dan prolakting yang merangsang kelanjar susu sebagai persiapan menyusui.

Selain menyebabkan rasa sakit, ketidak seimbangan hormon tersebut akan membuat ukuran payudara cenderung lebih besar, lunak dan sakit. Perubahan hormon saat hamil juga membuat puting payudara cenderung lebih menonjol dan sensitif.

Bagaimana Cara Mengatasi Payudara Sakit Saat Hamil?

payudara sakit saat hamil

Kompres Dengan Air Dingin atau Es Batu

Metode kompres seringkali menjadi cara andalan untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu termasuk payudara. Nah, hal ini telah banayak diyakini dan digunakan karena ampuh mengurangi rasa nyeri pada payudara saat hamil.

  • Ambil handuk bersih, dan kemudian letakkan pada bagian payudara yang sakit atau nyeri (sudah direndam di air dingin)
  • Selanjutnya tempelkan sejumlah es batu diatasnya dan biarkan selama beberapa saat.
  • Rasakan sensasi dingin yang akan meredakan rasa nyeri secara perlahan.
  • Kemudian angkat dan ulangi hingga benar-benar nyaman.

payudara sakit saat hamil

Mandi Air Hangat

Bagi anda yang tidak kuat suhu dingin, anda bisa melakukan cara lain seperti mandi dengan menggunakan air hangat. Menurut Patrick Duff, M.D seorang dokter kandungan University of Florida, suhu hangat dapat membantu mengendurkan otot tegang disekitar payudara yang tegang.

Namun, beberapa ibu hamil masih merasakan nyeri setelah mandi air hangat. Maka itu, basuhkan air hangat secara perlahan ke area payudara yang sakit dan berikan jeda beberapa saat sebelum anda melakukannya lagi.

payudara sakit saat hamil

Memakai Bra Olahraga

Menurut Duff, pemakaian bra olahraga dapat membantu mengurangi masalah payudara sakit saat hamil. Ini dikarenakan bra olahraga dapat mengurangi gerakan payudara anda yang menyebabkan rasa sakit. Selain itu, ukuran bra olahraga juga lebih besar dan dapat mengurangi tekanan.

payudara sakit saat hamil

Menggunakan Bra Saat Tidur

Tidak sedikit wanita yang percaya kalau melepas bra saat tidur dapat membantu menjaga kesehatannya. Namun, khususnya bagi para ibu yang sedang hamil dan mengalami nyeri pada bagian payudara justru dianjurkan menggunakan bra saat tidur.

Penggunaan bra saat tidur justru dapat membantu mengurangi nyeri payudara yang dialami oleh ibu hamil. Sebab payudara akan ditopang bra, sehingga mengurangi tekanan dan rasa sakit yang ditimbulkan. Inilah seputar tips mengatasi payudara sakit saat hamil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *