Memulai Usaha Ternak Lele Dengan Lahan Yang Minim

Usaha-Ternak-Lele-1-1

Mata Jurnal Artikel Bisnis

Seperti yang sudah sering kita ketahui, usaha ternak lele di Indonesia sudah semakin menjamur baik di kota-kota besar maupun di pedesaan. Banyaknya rumah makan atau warung tenda yang menu olahannya menggunakan ikan lele. Sehingga hal tersebut menjadi peluang usaha ternak lele yang benar-benar menjanjikan. Bahkan jika di perhatikan hampir tidak pernah pengusaha ternak lele menghadapi kesulitan dalam memasarkan hasil panennya.

Jika di pandang secara teknis, memulai usaha budidaya ternak lele dengan cara pembesaran terbilang cukup mudah. Namun, kendala yang sering membuat sebagian orang malas menjalani usaha ini adalah ketersediaan lahan yang cukup minim. Nah untuk mengatasi hal tersebut, untungnya zaman dan teknologi kini terus berkembang termasuk teknologi dalam usaha ternak lele.

Tips Memulai Usaha Ternak Lele

Usaha Ternak Lele

Peluang usaha ternak lele memang terkenal dengan biaya yang bisa dikategorikan murah, dan mungkin sedikit kendalanya pada bagian tempat atau media saja. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memulai budidaya ternak ikan lele dengan lahan yang terbatas, namun perkembangannya ikan tetap baik.

  • Salah satu cara untuk memulai usaha ternak lele, yaitu dengan menggunakan media terpal sebagai kolam atau dengan kata lain kolam terpal.
  • Selanjutnya anda harus menentukan lokasi atau tempat. Memilih tempat dengan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar dan air. Tempat yang baik untuk usaha ternak lele adalah mempunyai sumber air yang tidak tercemar. Baik limbah rumah tangga maupun limbah industri.
  • Membuat kolam terpal sesuai dengan ukuran yang diinginkan atau disesuaikan dengan lahan yang dimiliki. misalnya ukuran 2 x 4 x 1 m atau sesuai tempat yang tersedia.
  • Lengkapi peralatan ternak pembesaran lele seperti halnya ember plastik, serokan, dan jangan lupa tes kit kualitas air. untuk memastikan kondisi air bebar-benar bebas dari pencemaran limbah.
  • Untuk kedalaman air kolam sebaiknya jangan terlalu cetek atau dangakal, karena itu akan mempengaruhi perkembangan si ikan. Jadi ukuran air yang cukup kira-kira mencapai ketinggian 75 cm.
  • Setelah itu, persiapkan benih lele yang kurang lebih berukuran 7 – 10 cm. lalu masukan ke dalam kolam terpal yang sudah dibuat sebanyak 90 – 150 ekor.
  • Selebihnya anda tinggal memberikan makan dengan teratur sebanyak 2 kali sehari. Dalam jangka waktu sekitar 2 bulan, ikan lele pun siap untuk dipanen.

Nah, itulah beberapa tips untuk memulai budidaya usaha ternak lele yang bisa kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk memulai usaha atau bisnis baru anda.

Baca Juga ;

Ide Bisnis Rumahan, Bisnis Yang Cukup Anti Badai

Bisnis Model Kanvas, Strategi Bisnis yang Penting untuk Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *