Wed. Oct 31st, 2018
studi-kelayakan-bisnis

Pentingnya Studi Kelayakan Bisnis di Awal Merintis Usaha

Mata Jurnal Artikel Bisnis – Pentingnya Mempelajari Studi Kelayakan Bisnis di awal Merintis Usaha – Dalam membangun suatu usaha/bisnis, tentunya kamu harus tahu yang dinamakan kelayakan bisnis. Ya benar, studi kelayakan bisnis adalah suatu aspek dalam berbisnis yang mencakup aspek hukum, sosial ekonomi, teknis, pasar dan pemasaran, teknologi, manajemen keuangan dan juga aspek budaya.

Studi kelayakan ini biasa digunakan untuk mengatur jalannya suatu proyek usaha yang akan dirintis.

Dalam suatu studi kelayakan bisnis sudah dibagi menjadi dua bagian yaitu berdasarkan orientasi laba dan orientasi tidak laba. Hal itu dimaksudkan dengan mempelajari tentang keuntungan dan kerugian yang akan didapat selama bisnis berjalan.

 

Baca juga:
Bisnis Database

Aspek studi kelayakan bisnis

Aspek-Aspek Studi Kelayakan Bisnis

Di dalam studi ini, ada beberapa aspek studi kelayakan bisnis yang bisa kamu pelajari. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Aspek Hukum

Aspek ini memuat semua legalitas atas hal yang menyangkut berdirinya sebuah bisnis. Ketentuan hukum yang berlaku pada aspek ini adalah:

  • Izin lokasi
  • Akta pendirian perusahaan
  • SIUP setempat
  • NPWP
  • Surat tanda rekanan dari pemda setempat
  • Surat tanda daftar perusahaan

Aspek Sosial Ekonomi Dan Budaya

Aspek ini menyangkut tentang dampak yang akan terjadi dari usaha tersebut ke masyarakat sekitar. Ketentuannya antara lain:

  • Segi budaya: dampak keberadaan usaha bagi masyarakat setempat.
  • Segi ekonomi: memperhitungkan tentang pemasukan pendapatan per kapita penduduk. Mempertimbangkan apakah proyek bisnis tersebut berpengaruh pada pemasukan pendapatan penduduk.
  • Segi Sosial: mengawasi perkembangan pengaruh berdirinya proyek bisnis tersebut, dari segi keramaian, kelancaran, dan juga komunikasinya.

Aspek Pasar Dan Pemasaran

Aspek studi kelayakan bisnis ini memuat tentang peluang yang akan kamu dapatkan dari berdirinya bisnis ini. Peluang tersebut bisa dilihat dari potensi pasar, perkembangan & pertumbuhan penduduk, daya beli konsumen, dan juga strategi pemasaran produk.

Aspek Teknis & Teknologi

Untuk aspek ini menyangkut dengan lokasi, alat & bahan, hasil yang diinginkan dan juga teknologi tepat yang akan digunakan.

Aspek Manajemen

Sedangkan aspek manajemen menyangkut pembangunan operasional.

Aspek Keuangan

Aspek ini menyangkut tentang sumber dana yang didapat dan juga dana pengembalian.

Studi kelayakan bisnis ini patut kamu pelajari untuk bisa membangun suatu bisnis ideal dan maju. Pelajarilah setiap aturan dalam aspeknya. Kuasai betul, sehingga saat kamu telah terjun ke dunia bisnis kamu sudah akan siap menghadapi segala risiko yang terjadi di masa yang akan datang.

Artikel terkait;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *