Memahami Pentingnya Pengertian Pajak

pengertian-pajak

Pengertian pajak secara umum adalah pungutan wajib yang dibayarkan kepada negara demi tercapainya tujuan pemerintahan. Setiap orang melakukan aktivitasnya semata-mata untuk memperoleh penghasilan. Oleh karena itu, negara berhak memberikan wajib pajak atas penghasilan yang diterimanya baik dari dalam negeri atau luar negeri.

Manfaat Pajak

Membayar pajak bukan berarti mengurangi penghasilan yang kamu peroleh. Akan tetapi, membayar pajak merupakan kewajiban yang nantinya akan kembali kamu rasakan manfaatnya. Salah satu manfaat pembayaran pajak yakni tercapainya akses jalan dan beberapa fasilitas lainnya yang baik. Pajak tidak digunakan secara pribadi, tetapi digunakan secara bersama.

Terkadang kesadaran membayar pajak memang belum terpenuhi di kalangan masyarakat. Banyak yang belum mengetahui pengertian pajak dan manfaat yang diperoleh dari pembayaran pajak. Memang sistemnya bersifat memaksa, tetapi tanpa kamu sadari ada beberapa manfaat yang dirasakan seperti fasilitas kesehatan gratis, beasiswa pendidikan bagi anak, pendirian tempat rekreasi, membiayai pengeluaran untuk pertanian atau irigasi, dan lain sebagainya.

pengertian pajak

Jenis Pajak

Di Indonesia, pengaturan pembayaran pajak telah diatur dalam undang-undang pajak penghasilan atau yang lebih sering kamu dengar PPh. Tolak ukur yang digunakan sebagai patokan pembayaran pajak adalah jumlah penghasilan yang kamu peroleh. Dari pembayaran pajak itulah berarti kamu ikut serta membantu pembiayaan pengeluaran pemerintah demi membangun negeri yang lebih maju.

Ada beberapa jenis wajib pajak yang ditetapkan untuk masyarakat. Berdasarkan sifatnya pajak digolongkan menjadi dua, yaitu pajak tidak langsung dan pajak langsung. pajak langsung adalah pengenaan wajib pajak yang diberikan secara berkala, seperti PBB dan PPh. Sedangkan pajak tidak langsung merupakan pajak yang dikenakan secara langsung jika kamu melakukan perbuatan tertentu seperti menjual barang mewah.

Berdasarkan instansi pemungutannya dibedakan menjadi pajak lokal dan negara. Pajak lokal diambil dari rakyat daerah itu sendiri, seperti hotel dan restoran. Pajak negara dipungut oleh pemerintah pusat seperti pajak penghasilan dan pertambahan nilai.

Adapun untuk pajak objektif, diantaranya yaitu kendaraan bermotor, bea materai, bea masuk, sedangkan pajak subjektif yaitu diambil dari subjeknya yakni kekayaan dan penghasilan

Itulah pengertian pajak yang dapat kamu pahami. Membayar pajak merupakan kewajiban untuk menikmati fasilitas bersama. Oleh sebab itu, tidak ada kata rugi dalam pembayaran pajak.

Artikel menarik lainnya ;

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *