Fri. Nov 2nd, 2018
manfaat-wortel

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat wortel bagi kesehatan perlu kita ketahui lebih dalam. Pasalnya, Wortel merupakan salah satu sayuran yang cukup populer di seluruh belahan dunia termasuk di Indonesia. Pada umumnya, wortel di manfaatkan sebagai olahan sayur, campuran makanan atau pun diolah menjadi jus.

Sayur yang dikenal secara luas sebagai sumber vitamin A ini ternyata menyimpan berbagai manfaat lain, tentunya manfaat tersebut dapat kita peroleh apabila mengkonsumsinya secara rutin. Nah, sebelum kita berbicara mengenai manfaat wortel, alangkah baiknya jika kita mengetahui kandungan nutrisi yang ada didalamnya.

Selain sebagai makanan yang paling kaya akan vitamin A, wortel juga banyak mengandung nutrisi penting lainnya seperti antioksidan, serat, kalium, folat, vitaim K, vitamin E, fosfor, mangan, magnesium, seng dan lain-lain.

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan Tubuh

Menyehatkan Mata

Sebagai sayur terkaya akan kandungan vitamin A, sudah sangat jelas bahwa wortel sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata. Para ahli kesehatan menjelaskan bahwa, kandungan beta karoten yang ubah menjadi vitamin A telah di transformasikan ke dalam retina, rhodopsin dan dan pigmen ungu yang bertujuan untuk mempertajam penglihatan.

Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Selain kaya akan vitamin A, wortel juga memiliki kandungan hidrat arang, fosfor serta beta karoten yang diyakini dapat mencegah tubuh dari ancaman kanker. Cukup dengan cara mengkonsumsi wortel secara teratu yakni 2 kali sehari, bisa menurunkan 17,5% resiko penyakit kanker payudara. Selain itu, di dalam wortel juga terdapat zat falcarindiol dan falcarinol yang merupakan zat anti kanker, sehingga dapat mengurangi resiko kanker usus besar dan kanker paru-paru.

Mencegah Penyakit Stroke

Hasil penelitian yang dilakukan di Harvard membuktikan, bahwa dengan mengkonsumsi 6 wortel dalam 1 minggu dapat membantu mencegah penyakit stroke, seperti halnya dengan manfaat buah melon.

Baik Untuk Kesehatan Ginjal

Mengkonsumsi jus wortel secara rutin dapat membantu membersihkan dan menyaring ginjal. Walaupun para sebagian dokter mengatakan bagi penderita gagal ginjal dilarang minum jus, namun lain halnya dengan wortel. Karena sayur berwarna orange ini sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit, anda dapat mengkonsumsi wortel secara rutin. Hal ini dikarenakan didalam sayur wortel terdapat antioksidan yang berperan sangat penting untuk menjaga tubuh dari ancaman radikal bebas.

Menekan Resiko Penyakit Jantung

Terbukti dengan mengkonsumsi 6 wortel dalam seminggu, bisa membantu mengurangi resiko kolesterol jahat yang dapat menyebabkan serangan jantung. Terdapatnya zat antioksidan dalam wortel juga bisa membatu menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat memicu serangan jantung.

Demikianlah ulasan singkat tentang manfaat wortel bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan perbarui terus informasi anda dengan membaca artikel kesehatan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *