Fri. Nov 2nd, 2018
manfaat-umbi-talas

Manfaat Umbi Talas yang Perlu Kita Ketahui Mendalam

Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan Tubuh – Umbi talas merupakan jenis akar dari tanaman sayur umbi yang biasanya tumbuh di area tanah yang gembur dan udara yang sejuk. Umbi talas ini juga hampir mirip dengan singkong, buah yang kaya akan kandungan karbohidrat serta mengenyangkan saat di konsumsi.

Tak heran jika di beberapa daerah, umbi talas dijadikan sebagai bahan makanan pokok. Pasalnya, tanaman ini dapat di olah dengan berbagai cara seperti digoreng, di kukus, ataupun dibakar. Umbi talas sendiri memiliki cukup banyak kandungan yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya kandungan seratnya tiga kali lebih banyak dibanding kentang putih.

Nutrisi lain yang terkandung di dalam umbi talas antara lain seperti zat besi, vitamin C dan vitamin A. Berikut ini adalah beberapa manfaat umbi talas, yang bisa kalian jadikan sebagai alternatif untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Umbi Talas Bagi Kesehatan

Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Banyaknya kandungan vitamin C dan antioksidan pada umbi talas sangat bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh. Dengan demikian tubuh akan terhindar dari berbagai macam virus atau radikal bebas yang dapat menyebabkan sakit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi umbi talas dipercaya dapat membantu memelihara kesehatan jantung. Hal ini terjadi karena adanya kandungan kalium pada umbi talas sebagai mineral, yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan jantung. Kalium tersebut bukan hanya mentransfer cairan sehat, namun juga membantu meredakan stres sehingga dapat meringankan tekanan pada pembuluh darah.

Sebagai Sumber Energi

Umbi talas mengandung kalori yang yang jumlahnya jauh lebih banyak dari pada kentang, kalori umbi talas tersebut berasal dari karbohidrat kompleks yang biasa di kenal sebagai amilopektin dan amilosa. Seperti yang kita ketahui, akar sangat rendah lemak dan protein, sehingga banyak yang menjadikan umbi talas sebagai sumber energi atau makanan pokok.

Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat umbi talas selanjutnya dapat membantu mengontrol tekanan darah pada tubuh, karena kalium yang terkandung pada umbi talas selain untuk menjaga kesehatan jantung, juga sangat baik untuk membantu menstabilkan tekanan darah.

Sangat Baik Untuk Sistem Pencernaan

Umbi talas merupakan salah satu sumber serat terbaik pada makanan, 100 gram umbi talas memberikan 4,1 gram dari kebutuhan serat makanan setiap hari. Maka dengan mengkonsumsi umbi talas secara cukup dapat membuat sistem pencernaan anda menjadi sehat.

Beberapa manfaat bisa peroleh jika anda memproses dengan baik dan mengkonsumsi dalam jumlah wajar, karena jika mengkonsumsi umbi talas dalam jumlah yang berlebihan dan prosesnya salah dapat mengakibatkan asam urat atau komplikasi kesehatan lainnya. Maka alangkah baiknya direndam terlebih dahulu sebelum di masak, yang bertujuan untuk mengurangi jumlah oksalat didalamnya.

Baca juga; Artikel Kesehatan Lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *