Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan Tubuh Kita

manfaat-ubi-jalar-1-1

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan – Ubi jalar merupakan salah satu jenis tanaman umbi-umbian yang sering digunakan sebagai makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti cemilan. Umbi jalar juga sering kita temui di pasar-pasar tradisional atau pun di pasar modern, karena membudidayakan tanaman umbi jalar tidak terlalu sulit.

Ubi jalar termasuk makanan yang baik sebagai sumber kalori seperti kentang, jagung, singkong yang sangat layak dijadikan sebagai makanan pokok. Bahkan di beberapa negara pun sudah banyak yang mengunakan ubi jalar sebagai makanan pokok, meskipun di Indonesia sendiri belum banyak yang menggunakannya.

Kandungan nutrisi dalam ubi jalar sangat bayak dan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa khasiat dan manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh kita.

manfaat ubi jalar

Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat ubi jalar dipercaya dapat membantu mengontrol tekanan darah dalam tubuh kita. Pasalnya, buah atau sayur-sayuran yang mengandung protasium merupakan makanan yang baik untuk mencegah hipertensi. Oleh sebab itu, jika anda ingin tekanan darah anda tetap normal, maka kalian dapat mengkonsumsi buah atau sayur yang kaya akan potasium seperti halnya ubi jalar.

Menjaga Kesehatan Mata

Setelah dilakukan penelitian oleh para ahli, terdapat kandungan vitamin C dan vitami E pada ubi jalar, yang telah terbukti mampu mendukung kesehatan mata dan dapat mencegah kerusakan degeneratif.

Meningkatkan Imunitas

Asupan nabati seperti ubi jalar yang kaya akan kandungan vitamin C dan beta karoten dapat meningkatkan kekebalan tubuh atau sistem imun. Selain itu, vitamin C yang terdapat pada ubi jalar berfungsi mencegah datangnya penyakit melalui virus atau bakteri.

manfaat ubi jalar

Menguatkan Tulang

Bagi anda yang ingin mencegah terjadinya osteoporosis, maka mengkonsumsi ubi jalar merupakan salah satu pilihan yang tepat. Sebab, di dalam ubi jalar terdapat kandungan mangan, yakni mineral yang berperan penting dalam metabolisme tulang.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ubi jalar mengandung vitamin B6, yang dimana kita ketahui vitamin tersebut dipercaya mampu mencegah penumpukan homosistein dalam darah. karena dengan tingkat homosistein yang tinggi dalam darah meningkatkan resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Sebagai Sumber Energi

Ubi jalar sangat bermanfaat sebagai sumber energi yang baik bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi ubi jalar sama halnya dengan memberi asupan zat besi dan magnesium yang akan berfungsi sebagai energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas.

Demikian ulasan tentang beberapa manfaat ubi jalar bagi kesehatan, baca juga artikel tentang kesehatan lainnya seperti cara menjaga kesehatan ginjal dan manfaat buah lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *