Manfaat Timun Suri yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

manfaat-timun-suri

Manfaat Timun Suri Bagi Kesehatan – Timun suri adalah salah satu buah yang cukup terkenal di Indonesia dan paling banyak ditemukan pada saat bulan puasa. Buah ini biasa dikonsumsi sebagai bahan campuran es saat berbuka puasa, padahal sebenarnya timun suri dapat ditemukan kapan saja karena buah ini tidak termasuk buah musiman.

Buah yang masih tergolong dalam janis labu-labuan ini tidak hanya memiliki aroma dan rasa yang menyegarkan, namun juga mengandung banyak manfaat yang yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat dari buah timun suri tersebut, tentunya tak lepas dari dukungan nutrisi yang terkandung didalamnya seperti; vitamin A, vitamin C, serat, kalium, glukosa, flugtosa, asam linoleat, senyawa soponin, dan masih banyak lagi yang lainnya.

manfaat timun suri

Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan Tubuh

Dengan mengetahui adanya kandungan yang terdapat dalam timun suri seperti diatas, alangkah baiknya anda juga menyimak beberapa manfaat timun suri yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Melindungi Fungsi Ginjal

Timun suri sangat bermanfaat untuk melindungi fungsi ginjal. Hal ini dikarenakan buah ini mempunyai sifat diuretic alami yang sangat baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Maka dengan mengkonsumsi timun suri sangat cocok untuk membantu melancarkan saluran buang air kecil (kencing).

Menjaga Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting untuk dijaga kesehatanya, karena dengan mata kita dapat memandang keindahan dunia. Kandungan vitamin A yang terdapat pada timun suri sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata.

manfaat timun suri

Menormalkan Tekanan Darah

Sebagai buah yang kaya akan kandungan nutrisi seperti kalium, magnesium dan serat, membuat timun suri sangat baik dikonsumsi untuk menjaga tekanan darah supaya tetap normal.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Timun suri terkenal dengan daging buahnya yang banyak mengandung serat larut, dan jenis serat dalam timun suri sangat ampuh untuk mencegah beberapa jenis gangguan pencernaan seperti sembelit, kanker usus, dan lain sebagainya. Maka, mengkonsumsi timun suri sangat dianjurkan kapan saja dan tidak hanya pada saat bulan ramadhan.

Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Banyaknya senyawa-senyawa yang terkandung didalam timun suri membuat buah ini sangat baik untuk dikonsumsi, karena senyawa yang bernama saponin dapat membantu menurunkan resiko terkena kanker. Saponin sendiri menjadi sumber anti-oksidan alami yang dapat menyerang semua radikal bebas dalam tubuh.

Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi buah timun suri mampu menurunkan kolesterol setidaknya sekitar 31% dari jumlah yang diperlukan oleh tubuh. Seperti yang kita ketahui, kolesterol merupakan musuh utama tubuh terutama kolesterol yang disebabkan oleh asam lemak jenuh.

Demikian ulasan singkat tentang manfaat timun suri yang baik bagi kesehatan tubuh, semoga dapat berguna dan membantu anda dalam menjaga kesehatan. Lihat juga, Manfaat Buah-Buahan yang Lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *