Inilah Manfaat Tidur Bagi Kesehatan Yang Perlu Diketahui

istirahan-yang-cukup-1

Tidur bagi setiap makhluk hidup pada dasarnya merupakan aktivitas yang bersifat fitrah dan alami. Selain makan dan beristirahat, tidur pun menjadi kebutuhan manusia. Manfaat tidur membuat tubuh merasa lebih baik, tak hanya sekedar meningkatkan suasana hati, ataupun mencegah lingkaran hitam di wajah bagian mata.

Orang dewasa membutuhkan waktu istirahat dengan tidur lebih kurang 7-8 jam sehari untuk membangun daya tahan tubuh tinggi saat berkerja. Ada beberapa hormon dalam tubuh yang hanya bisa bekerja ketika kita dalam kondisi tidur pulas, termasuk hormon pertumbuhan atau HGH. Tidur sangatlah penting bagi tubuh kita, maka kita perlu memastikan waktu tidur kita cukup agar memperoleh manfaat tidur secara maksimal.

Manfaat Tidur yang Cukup Bagi Kesehatan Tubuh

Apabila waktu tidur cukup maka akan memberikan manfaat bagi tubuh manusia, diantaranya:

Meningkatkan Daya Ingat

manfaat tidur

Tidur bermanfaat dalam meningkatkan daya ingat otak kita. Pikiran kita akan sibuk jika sedang melakukan aktivitas sehari-hari, apalagi saat digunakan untuk bekerja sepanjang hari.

Selama kita tidur akan terjadi proses konsilidasi yang akan memperkuat ingatan. Setelah kita bangun pikiran kita akan menjadi segar sehingga bisa meningkatkan daya ingat kita.

Mencegah Terjadi Peradangan

Peradangan bisa berkaitan dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan penuaan dini. Orang yang kurang tidur memiliki tingkat protein inflamasi dalam darah yang tinggi sehingga akan memudahkan terjadinya serangan jantung. Orang -orang yang kurang tidur atau insomnia biasanya mengalami peradangan dengan menggunakan obat-obatan gangguan tidur.

Meningkatkan Prestasi Belajar

manfaat tidur

Biasanya anak-anak yang berusia 10-16 tahun yang memiliki gangguan pernapasan saat tidur, misalnya mendengkur, sleep apnea, dan jenis gangguan pernapasan tidur, lebih cenderung memiliki masalah dalam memperhatikan pelajaran. Hal ini bisa mengakibatkan gangguan fungsional yang signifikan di sekolah. Sehingga, pelajar yang kurang tidur memiliki nilai buruk daripada mereka yang cukup tidur.

Mencegah Terjadi Despresi

Tidur nyenyak tidak hanya meningkatkan suasana hati dan meredam amarah tetapi juga menjauhkan dari depresi. Tidur yang berkualitas bisa membantu orang yang depresi dan mengurangi tingkat kecemasan. Kita akan memiliki tingkat emosional yang baik dengan tidur yang baik.

Begitu banyak manfaat tidur bagi kesehatan tubuh dan kesejahteraan hidup manusia. Untuk itu marilah kita mengatur waktu tidur kita yang baik. Tidur yang cukup menjadikan hidup kita lebih baik.

Baca Juga ;

Fakta Global Kesehatan Remaja

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Secara Maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *