Manfaat Tanaman Katuk Untuk Kesehatan Tubuh Kita

manfaat-daun-katuk-1-1

Manfaat Tanaman Katuk Untuk kesehatan – Katuk merupakan jenis tumbuhan yang daunnya sering digunakan sebagai sayuran dan sangat terkenal dengan khasiatnya yang mampu memperlancar ASI (air susu ibu).

Nama lain dari tanaman katuk ialah sauropus androgynus dan masih termasuk dalam keluarga menir-meniran (phyllantheae).

Saat ini daun katuk sudah banyak dikonsumsi secara meluas di berbagai negara, sebab selain rasanya yang menggugah selera tapi daun hijau ini juga mengandung sejumlah manfaat baik untuk kesehatan.

Supaya tidak keliru dalam memahami khasiat dan manfaat daun katuk, berikut ini kami berikan rincian tentang beberapa kegunaan tanaman katuk untuk kesehatan.

manfaat tanaman katuk

Manfaat Tanaman Katuk Bagi Kesehatan

Dapat Melancarkan ASI

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa didalam tanaman katuk terdapat kandungan senyawa seperti tannin, saponin, minyak esensial, flavonoid dan berbagai macam vitamin. Di mana kandungan-kandungan tersebut sangat mampu membatu memproduksi dalam jumlah lebih banyak dan memperlancar ASI. Maka dari itu, ibu menyusui disarankan untuk mengkonsumsi daun katuk.

Mampu Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis merupakan salah satu arthritis yang sering terjadi pada bagian sendi-sendi terasa kaku dan sakit. Mengkonsumsi air rebusan daun katuk atau makan daun katuk yang diolah seperti sayur bening, dapat memulihkan kekuatan tulang serta mampu mencegah terjadinya tulang keropos atau osteoporosis.

Mengatasi Anemia

Tanaman Katuk sangat dipercaya mampu mengatasi penyakit anemia atau kekurangan darah. Hal tersebut disebabkan adanya kandungan zat besi yang tinggi dalam daun katuk, sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin dapat membantu anda terhindar dari penyakit tersebut.

manfaat tanaman katuk

Dapat Menguatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat daun katuk selanjutnya ialah bisa membangun dan memperkuat sistem imun dalam tubuh, cukup dengan mengkonsumsi daun katuk beberapa kali dalam seminggu. Seperti yang kita ketahui, sistem imun tubuh yang kuat dapat membantu tubuh terhindar dari serangan berbagai penyakit.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Di dalam tanaman katuk terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi, dimana kandungan tersebut sangat identik dengan kesehatan mata kita. Maka dengan mengkonsumsi daun katuk secara teratu, dapat membantu kita terhindar dari sakit mata, iritasi, minus atau masalah penyakit mata lainnya.

Menjaga Vitalitas Pria

Sebagai tumbuhan yang memiliki kandungan zat aktif yang dapat merangsang sitesis hormon steroid seperti testoteron dan progeston, daun katuk sangat baik dikonsumsi oleh pria. karena bisa bisa membangkitkan vitalitas seksualnya dan memacu kualitas sperma menjadi lebih baik.

Manfaat Tanaman Katuk Lainnya;

  • Membantu membersihkan darah kotor
  • Mengatasi sembelit
  • sebagai anti virus dan bakteri
  • Sebagai obat flu

Demikianlah ulasan singkat tentang khasiat dan manfaat daun katuk yang mungkin belum diketahui oleh banyak orang. Semoga bermanfaat dan menambang pengetahuan anda dalam menjaga kesehatan, di kehidupan sehari-hari. Baca juga, manfaat daun min untuk kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *