Wed. Oct 24th, 2018
manfaat-susu-kedelai

Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat susu kedelai cukup terkenal diindonesia sebagai salah satu minuman yang sangat menyegarkan dan baik untuk kesehatan tubuh kita. Susu kedelai atau yang sering disebut juga susu kacang ini merupakan suatu minuman yang sangat terkenal di Indonesia.

Susu Kedelai merupakan olahan kacang kedelai yang sanagat mudah dijumpai dimanapun. Selain memiliki rasa yang lezat, ternyata terdapat manfaat kacang kedelai yang telah dijadikan susu dan tidak kalah penting khasitnya.

Manfaat Susu Kedelai Untuk kesehatan

Kandungan susu kedelai terletak pada komponen dalam kacang kedelai yang memiliki karbohidrat, serat (fiber), Vitamin E dan K, Asam lemak essensialnya. Lisin merupakan salah satu jenis asam amino yang banyak terkandung dalam susu kedelai.

Selain itu, susu kedelai juga merupakan sumber protein lengkap yang dibutuhkan oleh tubuh. Kedelai mengandung sembilan asam amino esensial. Tubuh dapat emngubah asam amino menjadi protein baru, termasuk antibodi untuk menjaga kekebalan tubuh.

Protein

Selain itu, protein struktural yang memegang peranan pada jaringan dan enzi  yang membantu sel-sel untuk menghasilkan energi. Setiap mengkonsumsi secangkir susu kedelai tanpa gula, akan menghasilkan 7gram protein yang bermanfaat untuk tubuh.

Vitamin Serta Mineral

Manfaat susu kedelai lainya adalah kaya akan kandungan vitamin serta mineral lain dari alam yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Berikut beberapa kandungan vitamin dan mineral yang didapat dari mengkonsumsi susu kedelai dalam keseharian: Kalsium, Zat Besi. Riboflavin dan Vitamin B12.

Menjaga Kesehatan Jantung ( Kardiovaskular )

Penyakit jantung merupakan salah satu masalah kesehatan yang ditakuti oleh setiap manusia. Untuk melakukan diet rendah lemak jenuh dan sodium serta tinggi akan protein dalam mencegah masalah kardiovaskular. 1 cangkir susu kedelai mengandung 3.6gram lemak, 6.3gram protein, 104 kalori dan 0.5gram lemak jenuh.

manfaat susu kedelai selain rendah kalori, lemak dan tinggi protein, rasio lemak jenuh dan tak jenuh ternyata memiliki manfaat memantau tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Mengontrol Teklanan Darah Tinggi

Kandungan seimbang antara lemak jenuh dan tak jenuh adalah salah satu komponen yang dapat membantu dalam mengatar tekanan darah tinggi.Selain itu, kandungan vitamin E, asam float dan B6 mampu mencegah terjadinya penyakit jantung dan magnesium yang dapat menekan darah tinggi.

Mengatur Kolesterol

Antioksidan dalam isoflavon pada kacang-kacangan seperti kedelai dan sebagainya diyakini mampu memberi kadar HDL yang baik untuk kesehatan. Sedangkan lestin dipercaya menurunkan kadar LDL dalam darah dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan ini merupakan manfaat susu kedelai.

Mengurangi Resiko Diabetes

Protein nabati pada manfaat susu kedelai dapat lebih mudah diolah ginjal penderita diabetes, dibandingkan dengan protein hewani seperti susu sapi. Susu kedelai mengandung dua zat gizi mikro yang membantu perkembangan diabetes tipe 2: magnesium dan vitamin D.

Meskipun zat ini bukan pengobatan diabetes tipe 2, orang yang memiliki nutrisi rendah terhadap dua zat ini memiliki resiko diabetes tipe 2. Konsumsi 1 cangkir susu kedelai mengandung 8.6% dari magnesium dan 18% vitamin D.

Mencegah Osteoporosis

Protein dan vitamin D yang dihasilkan dari kacang kedelai dapat membantu penyerapan yang lebih baik untuk kebutuhan kalsium pada tulang anda. Isoflavon yang hadir dalam makanan kedelai berfungsi untuk memperlambat pelapukan tulang dan menghambat kerusakan tulang.

Menjaga Kesehatan Mental

1 Cangkir susu kedelai mengandung 5.8% vitamin B6 yang mampu membantu tubuh untuk membuat serotonin neurokimiadapat meningkatkan masalah hati. Kadar magnesium juga membantu untuk meningkatkan tingkat serotonin dan mungkin dampak seperti obat anti depres.

Kandungan vitamin D yang tinggi dalam manfaat susu kedelai juga dapat membantu untuk membantu dan mengobati gangguan efektif musiman pada beberapa penderita depresi.

Sebagai Menu Diet

Manfaat susu kedelai yang tidak kalah penting dan paling diminati adalah memenuhi gizi bagi yang berdiet dengan susu kedelai. Susu kedelai rendah lemak, namun tinggi akan protein. Sehingga tidak perlu takut gemuk ketika mengkonsumsi susu kedelai.

Kandungan karbohidrat oligosakaridanya pun tidak terserap dan larut oleh air. Jadi anda tidak perlu was-was mengkonsumsinya. Ini merupakan manfaat susu kedelai yang mungkin kita harus tau.

Efek Samping Susu Kedelai

Makanan herbal ini harus dikonsumsi secara hati-hati karena memiliki efek samping karena mengandung antinutrients (racun alami). Susu kedelai juga memiliki sejumlah senyawa yang mengkhawatirkan dan dapat membahayakan kesehatan secara menyeluruh jika berlebihan.

  • Kedelai mengandung goitrogen yang menyebabkan fungsi tiroid dapat tertekan.
  • Kandungan fitat yang mencegah penyerapan mineral.
  • Memiliki kandungan phytoestrogen yang kadang dapat memblokir hormon estogen terhadap tubuh.

Efek samping kedelai juga memiliki bahaya jika anda mengidap slah satu penyakit berbahaya ini:

  • Kerusakan otak.
  • Kanker payudara.
  • kelainan pada jani dan bayi.

Berikut adalah kumpulan informasi manfaat kacang kedelai untuk tubuh manusia. Anda juga bisa membaca artikel kesehatan untuk menjalankan pola hidup sehat. Seperti: manfaat daun katuk, manfaat kentang, manfaat buah nangka dan lainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *