Manfaat Seledri Untuk Kesehatan Tubuh Kita

manfaat-seledri-untuk-kesehatan

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan – Seledri merupakan jenis sayuran daun dan tanaman obat yang kerap digunakan sebagai penyedap makanan. Selain digunakan sebagai penyedap dan penghias makanan karena aromanya yang khas, sayuran ini juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan.

Terkait dengan manfaat seledri bagi kesehatan, tentunya tak lepas dari adanya kandungan gizi yang terdapat didalam sayur tersebut. Beberapa kandungan tersebut antara lain; Vitamin A, vitamin B1, B2, B6, vitamin C, folat, magnesium, selenium, kalsium, zat besi, dan lain-lain.

Kandungan-kandungan tersebut sangat diyakini mempunyai manfaat yang luar biasa bagi tubuh, dan berikut ini ialah beberapa ulasan tentang khasiat dan manfaat seledri untuk kesehatan tubuh kita.

manfaat seledri

Khasiat dan Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

Menyehatkan Ginjal

Salah satu manfaat seledri yang paling terkenal yaitu sebagai pembersih dan menyehatkan organ ginjal. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium dan sodium pada sayuran seledri, dimana kandungan tersebut mampu merangsang produksi urin dan mengatur cairan dalam tubuh. Selain itu, seledri juga memiliki efek yang dapat membantu membuang dan mencecah batu ginjal.

Dapat Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau biasa dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap sepele. Kandungan phthalides pada seledri sangat ampuh untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menjaga supaya tetap normal. Disamping itu, sayuran seledri juga mengandung flavonoid, yang dapat berfungsi untuk anti peradangan dan dapat membantu menurunkan hormon stres dalam darah.

Mampu Menjaga kesehatan Tulang dan Gigi

Terdapatnya kandungan kalium dan magnesium pada seledri, dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi serta sendi. Selain itu, sayuran hijau ini juga mempunyai kandungan poliasetilen (zat anti radang) yang dapat berperan mengurangi pembengkakan serta rasa nyeri pada tulang dan sendi.

manfaat seledri

Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam 100 gram daun seledri mengandung 16 kalori dan serat non larut yang apabila di kombinasikan mampu menurunkan berat badan dan kadar kolesterol dalam darah.

Mengatasi Rematik dan Asam Urat

Manfaat seledri selanjutnya yaitu sangat Berguna untuk penderita rematik dan penyakit Asam urat. Hal ini disebabkan, adanya Sifat deuretik yang dimiliki sayur seledri sehingga mampu membantu menghilangkan kristal asam urat dari seluruh sendi dan tulang.

Sebagai Anti Kanker

Setelah dilakukan penelitian terhadap seledri, ternyata sayuran ini mengandung berbagai senyawa seperti paliasetilen, Phthalides, Kumarin, asetylenics, asam fenolik, Apigenin dan Luteolin. Senyawa-senyawa tersebut memiliki fungsi dan peran masing-masing dalam memerangi kanker, salah satunya kanker ovarium.

Khasiat dan Manfaat Seledri Lainnya;

  • Dapat menyuburkan rambut
  • Dapat mengembalikan keseimbangan tubuh
  • Sebagai obat penurun panas
  • Baik untuk kesehatan mata

Demikianlah informasi tentang khasiat dan manfaat seledri bagi kesehatan tubuh, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda. Baca juga; manfaat timun suri yang luar biasa bagi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *